Wisata Goa Jomblang Jogja dan Misteri Sejarahnya

Wisata Goa Jomblang Jogja dan Sejarahnya

Wisata Goa Jomblang Jogja dan Sejarahnya

Wisata Goa Jomblang Jogja ternyata merupakan salah satu tempat wisata terindah Di Yogyakarta. Siapa sangka bahwa banyak orang yang menyebutnya dengan cahaya surgawi. Tempat ini dulunya ada di wilayah Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta akan tetapi karena sudah termasuk dalam wilayah Provinsi Yogyakarta, maka banyak yang menyebutnya dengan Goa Jomblang. Di sana terdapat keunikan yang sangat menarik. Apakah itu? Yakni terdapat  cahaya yang masuk dari mulut goa dan berada di atas goa. Bahkan tidak hanya itu saja, Goa Jomblang menjadi terlihat lebih indah, hal ini karena goa ini di tumbuhi pepohonan hijau di dalamnya. Tentunya sangat menambah sejuk pemandangan bukan? yang mana dalam hal ini terdapat pesona keindahan tersendiri. Itu semua menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berdatangan di Goa Jomblang Jogja.

Lokasi dan Akses Jalan Wista Goa Jomblang Jogja

Lokasi dan Akses Jalan Goa Jomblang Jogja

Lokasi dan Akses Jalan Goa Jomblang Jogja

Tempat Wisata Goa Jomblang tepatnya yakni terletak di Yogyakarta Jetis Wetan, Semanu, Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan jarak sekitar 10 km dari kota Wonosari. Sangat strategis bukan? Sehingga Anda dapat dengan mudah berkunjung ke sana ya. Akses menuju lokasi Goa Jomblang sendiri juga mudah. Bagaimana tidak Anda dapat menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi juga ya. Bahkan, jika anda datang dari luar kota dapat langsung saja naik bus dan menuju Terminal Giwangan Yogyakarta. Misalnya jika Anda dari Terminal Giwangan, langsung saja naik bus jurusan Wonosari untuk  menuju Kecamatan Semanu lalu ke Lokasi Goa Jomblang.

Baca Juga : Berbagai Tempat Wisata Alam Murah Meriah di Semarang

Misteri dan Sejarah Wisata Goa Jomblang Jogja

Panorama Lubang Cahaya Goa Jomblang Jogja

Panorama Lubang Cahaya Goa Jomblang Jogja

Tentunya Anda semakin penasaran dengan misteri di goa jomblang Jogja kan? Nah, sedikit saja ternyata goa ini merupakan salah satu dari sekitar 500 goa di wilayah pegunungan karst Gunung Kidul. Diameternya saja sekitar 50 meter, dahulu masyarakat setempat percaya termasuk tempat pembunuhan massal PKI pada tahun 1970-an. Wah sangat misterius ya? Hal itulah yang  membuat orang takut.

Selain itu juga karena dulunya banyak penjelajah yang masuki goa jomblang ini dan tidak bisa kembali, otomatis orang bingung, apakah sudah meninggal atau bagaimana tidak ada yang mengetahuinya. Namun, sempat pernah di adakan acara doa bersama dan setelah itu kejadian aneh tidak pernah terjadi lagi sampai hari ini.

Baca Juga : Telaga Semin Wisata Alam Populer di Gunung Kidul

Keindahan dan Panorama Wisata Goa Jomblang Jogja

Keindahan Panorama Wisata Goa Jomblang Jogja

Keindahan Panorama Wisata Goa Jomblang Jogja

Jika dilihat dari atas, goa Jomblang memang sangat indah dan menarik. Siapapun tentunya tergoda untuk masuk ke dalamnya. Namun, jika Anda tertarik untuk berkunjung ke sana tentunya harus ada sebuah pengorbanan ya. Jangan salah ya semua itu dapat terbayar lunas dengan aneka pemandangan alam yang masih bernuansa alami di sana kok. Lebih lanjut, ternyata di dasar goa terdapat pohon yang tumbuh subur dan dindingnya yang di selimuti oleh semak maupun lorong. Serunya itu dapat menghubungkan Anda dengan goa lain  yaitu goa Goa Grubug. Goa jomblang ini juga di percaya oleng sebagian besar masyarakat dapat tembus sampai ke laut selatan juga , tempatnya tokoh gaib Nyai Roro Kidul.

Tidak cukup itu saja ya, ternyata di Goa Jomblang Jogja Anda bisa menyaksikan sebuah Stalagmit yang berwarna hijau kecoklatan. Stalagmit tersebut menjadi sebuah pemandangan yang sangat menakjubkan dan sinar mataharinya sendiri juga dapat menembus kegelapan yang ada di dalam goa. Nah, itulah yang menjadi fenomena unik yang luar biasa eksotis.

Demikian tadi informasi yang di sajikan terkait misteri goa jomblang yang ada di Yogyakarta. Walaupun berkesan misteri namun, keindahan yang di suguhkan tidak akan membuat Anda menyesal berkunjung ke sini kok. Semoga dapat bermanfaat, terimakasih.

Comments

Add Comment