Usai Dipermak, Coban Rais Makin Instagramable Buat Foto Ria

Sepeda Udara di Coban Rais

Sepeda Udara di Coban Rais @yustinhandayani

Bukan Malang namanya jika berhenti untuk munculnya tempat-tempat wisata baru. Ya, di Malang sepertinya adalah surga bagi para wisatawan untuk berlibur. Dan kali ini kita akan membahas tentang Coban Rais yang belakangan jadi tempat wisata yang makin hits di Instagram.

Sebenarnya Coban Rais sendiri bukanlah wisata baru, hanya saja kini tampilannya sudah dipermak sehingga menjadi jauh lebih cantik dari sebelumnya. Ada beberapa tambahan yang membuat Coban Rais makin diburu para wisatawan untuk berlibur.

Kita akan sedikit membahas Coban Rais dulu nih. Coban Rais terletak di ketinggian sekitar 1025 mdpl di lereng Gunung Panderman. Atau lebih tepatnya berada di Dusun Dresel, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu. Air terjun ini dulunya bernama Coban Sabrangan. Dulu, pengunjung yang ingin datang coban ini harus menyebrangi sungai dengan jumlah 14 kali. Lantas mengapa diubah menjadi Coban Rais?

Menurut cerita, nama Coban Rais diambil dari nama salah satu warga di desa di situ, yaitu Rais. Air terjun Coban Rais seperti halnya air murni di pegunungan, bersuhu sejuk, dingin, namun menyegarkan, disertai dengan pemandangan alam yang masih natural. Pengunjung diwajibkan tidak membuang sampah di sekitar tempat wisata ini karena akan mengurangi kealamian daerah yang masih asri ini.

Nah, itu sekelumit cerita dari Coban Rais. Lalu apa yang membuat Coban Rais menjadi hits belakangan ini? Nah, ini yang akan kita bahas.

Batu Flower Garden Wisata Alam Coban Rais

Batu Flower Garden Wisata Alam Coban Rais @bie_qha

Hadirnya Bukit Bulu Flower Garden

Bukit Bulu Flower Garden merupakan salah satu wahana baru yang membuat Coban Rais ini makin menarik. bagaimana tidak, ketika memasuki lokasi Bukit Bulu Flower Garden, pengunjung akan disuguhkan sebuah gardu teras yang terbuat dari kayu dan membantuk tulisan I LOVE U.

Terang saja, ini selalu menjadi sasaran foto bagi muda-mudi untuk hits di Instagram. Tapi, kalian kalau ingin foto di sana kudu antre ya. Karena bukan kamu saja yang ingin foto terlihat cantik dan menarik, ribuan pengunjung pun berkkeinginan yang sama seperti kamu. So, sabar saja.

Nah, untuk bisa berfoto di atas kayu bertuliskan I LOVE U itu, kamu harus membayar sebesar Rp 10.000 untuk 1 file foto dari pengelola. Selanjutnya pengunjung pun bebas berfoto sebanyak-banyaknya dengan kamera/ smartphone masing-masing.

Teras I Love You Coban Rais

Teras I Love You Coban Rais @nicke_yulia

Selain dapat berfoto di papan kayu bertuliskan I LOVE U itu, kamu juga dapat berfoto dan menikmati suasana di Bukit Bulu Flower Garden. Di sana banyak sekali spot yang tak kalah indah. Ada bukti bunga, rumah pohon, kaki langit, dan juga hammcock.

Harga Tiket Masuk Coban Rais

Untuk memasuki kawasan wisata ini, pengunjung hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 7500/ orang. Parkir pun cukup murah, yaitu Rp 2000 saja.

Hammock Tower di Coban Rais

Hammock Tower di Coban Rais @wind_y

Ada baiknya jika mengunjungi tempat ini pada saat bukan musim hujan, untuk menghindari bahaya terpeleset dan sebagainya berhubung tempat ini memiliki beberapa area tebing curam. Wisata air terjun di Coban Rais ini memang bukan area wisata modern seperti halnya Jatim park, namun keasrian alam Indonesia, terutama kota Malang bisa ditemukan di tempat yang indah ini.

Bagi Anda yang merupakan pecinta alam, hobi travelling, hiking, dan berpetualang seru wajib sekali mengunjungi air terjun Coban Rais ini. Jangan lupa untuk membawa pulang kembali sampah Anda dan jangan pernah membuang sampah sembarangan di tempat ini.

Comments

Add Comment