Telaga Biru Semin Wisata Alam Populer di Gunung Kidul

foto telaga biru semin gunung kidul

foto telaga biru semin gunung kidul

Apa yang Anda ketahui ketika mendengar wisata peralihan telaga biru semin gunung kidul? Pasti Anda bertanya kenapa di sebut peralihan? Nah, ini karena dulunya tempat ini merupakan kawasan bekas tambang batu kapur.

Namun saat ini mulai berubah bentuk yakni menjadi danau pada beberapa bagian. Ketika musim hujan danau ini otomatis akan terisi air dan terlihat berwarna biru kehijauan lho. Jangan kaget ya ketika Anda berwisata di telaga biru semin gunung kidul ini, karena kawasan ini tidak pernah sepi pengunjung.

Kebanyakan orang atau wisatawan mengabadikan momen dengan foto-foto di telaga ini untuk di upload ke media sosial. Memang sih, jika di lihat dari pemandangannya sangat bagus, apalagi jika dari atas telaga biru semin gunung kidul ini mirip dengan pemandangan Telaga Warna dan Telaga Pengilon di kawasan Dataran Tinggi Dieng jika di lihat dari atas.

Orang banyak menyebut telaga biru semin gunung kidul dengan sebutan Telaga Hijau (Green Lake), Telaga Ijo karena terletak di area Tambang Batu Putih, dusun Ngentak, desa Candirejo, kecamatan Semin, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Lokasi dan Rute Telaga Biru Semin Gunung Kidul

alamat telaga biru semin gunung kidul

alamat telaga biru semin gunung kidul

Letaknya ternyata cukup mudah di jangkau loh, dimana? Tepatnya di kawasan perbatasan dengan wilayah dusun Namengan, desa Krajan, kecamatan Weru, kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Jika Anda ingin berkunjung ke telaga biru semin gunung kidul, Anda dapat menempuh dengan 2 (dua) cara. Bagaimanakah cara tersebut? Yakni dengan melewati rute jalur dari Yogyakarta – Solo – Prambanan – Klaten – Cawas – Semin – Watu Kelir. Sedangkan cara yang kedua yakni melewati rute lajur dari Yogyakarta – Jalan Wonosari – Piyungan – Patuk – Wonosari – Karangmojo – Semin – Watu Kelir.

Jika di perkiraan jarak antara Jogja – Wonosari adalah sekitar 60 km sedangkan  Wonosari – Semin (Telaga Biru) kurang lebih 25 km. Namun, ketika pengunjung dari daerah Sukoharjo maka dapat melewati kecamatan lalu Weru menuju Semin.

Lebih tepatnya letak telaga biru semin gunung kidul ini berdekatan dengan Situs Candi Risan dan Jurug Bangunsari sehingga apabila Anda ke sana Anda dapat berwisata 3 sekaligus. Sangat menarik bukan?

Gerbang masuk Telaga Biru Semin dan tambang batu putih ini dapat melewati wilayah kabupaten Sukoharjo. Terkait posisi jalan masuknya dapat melewati gapura batas wilayah telaga biru Gunung kidul dari arah Semin.

wisata telaga biru semin gunung kidul

wisata telaga biru semin gunung kidul

Jika anda masih bingung maka cari saja gapura Dusun Namengan yang masuk ke jalan perkampungan yang bangunannya masih berupa jalan cor semen. Ketika Anda menemui sebuah kecil sebelum memasuki pemukiman warga, Anda dapat memilih arah jalan kiri menuju tambang.

Akses menuju ke telaga biru gunung kidul ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil. Ternyata ada banyak partisipasi dari berbagai kalangan lho untuk mengembangkan wisata ini. Misalnya saja pemerintah kecamatan di kawasan ini sendiri mulai  berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten untuk perbaikan sarana jalan di kawasan telaga biru semin gunung kidul. Jadi ketika Anda berlibur kesana jangan khawatir terkait jalannya yang susah atau bagaimana yaa.

Selain itu pemerintah desa juga sedang menyiapkan tempat untuk parkir dan lain sebagainya yang memperkuat sarana prasarana di wisata ini. Bahkan dalam jangka waktu dekat ini akan dibentuk sebuah Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Hal tersebut bertujuan untuk mengelola objek wisata Telaga Biru ini.

Review Pengunjung Telaga Biru Semin Gunung Kidul

telaga biru ngentak candirejo semin

telaga biru ngentak candirejo semin

“Telaga Biru tempat yang bagus untuk hunting foto, tapi terlalu panas dan aksesnya jelek. Karena tempat ini masih berupa area pertambangan.”Riana Desi Putri Ratmawati

“Pemandangannya sangat bagus! Tempatnya asri dan tidak terlalu banyak jalanan menanjak. Sekitar 1 jam dari Solo. Sangat rekomended untuk foto-foto.”Nick Viana

“Viewnya cakep dan cocok banget buat selfie atau foto landscape. Tempat wisata ini merupakan bekas tambang kapur tapi sekitarnya masih tambang aktif. Kalau kalian mau kesini dan foto-foto, hati-hati soalnya di puncak Telaga Birunya itu ga ada pengaman, dan di bawahnya langsung jurang kurang lebih 15 meter”Arista Bayu

“Kalau kesana mending pagi pagi.”Yovan Faitody

“Keren banget, tapi sayang belom sempet ke puncaknya karna waktu itu udah sore banget.”Fadhilah Hilmi

Nah, demikian yang menjadi sebuah penjabaran dari telaga biru gunung kidul. Dengan adanya wisata ini secara tidak langsung dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda, utamanya yang sedang mencari info tempat liburan, terimakasih.

Comments

Add Comment