Stasiun Kereta Ini Berada 105,5 Meter di Bawah Tanah, Keren Atau Ngeri?

arsenalna metro

Photo credit: AMY/Wikimedia

Kereta api adalah salah satu moda transportasi yang digemari masyarakat. Selain harganya terjangkau, moda tersebut juga menawarkan ketepatan waktu. Transportasi semacam ini tentunya sangat dibutuhkan oleh mereka yang terutama tinggal di kota-kota besar. Alih-alih membawa kendaraan pribadi, naik kereta lebih nyaman dan aman. Sebab, mereka juga tidak perlu berurusan dengan kemacetan. Bahkan, banyak negara yang sudah membangun jalur kereta bawah tanah untuk mengurai kemacetan. Indonesia juga sedang mengerjakan proyek tersebut.

Stasiun kereta bawah tanah biasanya hanya berada puluhan meter di bawah tanah. Tapi kadang-kadang kondisi geologi dan geografi, seperti keberadaan sungai dan rawa, menuntut para insinyur untuk menggali lebih dalam. The Arsenalna, misalnya, adalah sebuah stasiun di Jalur Sviatoshynsko-Brovarska, Kiev Metro, yang berada ratusan meter di bawah permukaan tanah.

Tak tanggung-tanggung, Stasiun Arsenalna berada 105,5 meter di bawah tanah. Hal itu menjadikannya sebagai stasiun metro terdalam di dunia. Dengan jarak sejauh itu, kamu bisa memasukkan seluruh bagian Patung Liberty ke dalamnya dan masih memiliki sisa ruang lebih dari dua belas meter. Jadi, bisa kamu bayangkan betapa dalamnya stasiun ini? Karena itu, jika penumpang ingin naik kereta bawah tanah di stasiun ini, mereka harus naik dua eskalator untuk mencapai bawah. Perjalanan menuju bawah akan memakan waktu sekitar lima menit.

arsenalna-metro

Photo credit: Antares 610/Wikimedia


Kedalaman Stasiun Arsenalna memang tidak biasa. Hal itu ternyata ada kaitannya dengan kondisi geografi Kiev sendiri. Pintu masuk stasiun ini terletak di atas sebuah lembah yang curam, di sebelah Sungai Dnieper. Bahkan, stasiun yang berdekatan Arsenalna, Dnipro, juga terletak tepat di dekat tepian sungai. Untuk menghindari turunan yang terlalu curam, Arsenalna harus dibangun pada tingkat yang sama.

Arsenalna dibuat oleh tiga arsitek berbakat; H.Hranatkin, S.Krushynsky, N.Shchukina. Selain memiliki kedalaman yang cukup ekstrem, stasiun metro ini juga didesain secara apik. Banyak sentuhan seni yang diberikan para arsitek pada Arsenalna. Stasiun ini juga memiliki lobi kecil yang langsung terhubung ke terowongan eskalator.

arsenalna-metro

Photo credit: MrEdPhoto/F4/Flickr

Tampilan stasiun ini juga dibuat monokromatik. Dinding ubin keramik dan tiang marmer yang dicat dengan warna putih. Para arsitek juga meletakkan beberapa patung besar yang menggambarkan peristiwa revolusioner yang berlangsung di pabrik Arsenal pada tahun 1918. Karya tersebut menghiasi dinding ruang lobi utama sampai itu kemudian dihapus pada awal 1990-an.

Stasiun metro terdalam kedua bisa kamu temukan di Saint Petersburg. Admiralteyskaya terletak 86 meter di bawah tanah. Untuk itu, stasiun tersebut memiliki beberapa eskalator terpanjang di dunia, dengan ukuran melebihi 130 meter. Lantas, stasiun terdalam ketiga ada di Rusia. Namanya Park Pobedy, yang terletak di Moskow. Stasiun itu berada di kedalaman 84 meter di bawah tanah.

Comments

Add Comment