Semua Tentang Wisata Pantai Ngliyep Donomulyo Malang Jawa Timur

Info Pantai Ngliyep Desa Kedungsalam Donomulyo Malang Jawa Timur Indonesia

Info Wisata Pantai Ngliyep Desa Kedungsalam Donomulyo Malang Jawa Timur Indonesia

Wisata Pantai Ngliyep – Malang, Jawa Timur bisa dibilang sebagai surganya pantai. Banyak sekali pantai-pantai yang tersebar di selatan Malang dan tentunya akan memanjakan mata Anda.

Mulai dari Pantai Balekambang, Pantai Bajul Mati, Pantai Ngliyep, Pantai Tiga Warna, Pantai Sendiki, Pantai Lenggoksono, dan masih banyak lagi. Namun sekarang kita akan membahas lebih dalam mengenai Wisata Pantai Ngliyep yang terletak di Donomulyo, bagian selatan dari Kabupaten Malang. Mulai dari rute perjalanan, keindahan di sana, sampai ritual-ritual yang biasa dilakukan oleh penduduk setempat di Pantai Ngliyep.

Tentu akan sangat menarik untuk melihat lebih dekat Pantai Ngliyep dari berbagai sisi. Pantai ini memiliki panorama alam yang sangat cantik, memiliki hamparan pasir putih yang lembut dan area bermain yang luas. Dengan pepohonan yang rindang dan hijau sangat membantu untuk berteduh dari panasnya matahari, gelombang ombak yang cukup menarik unuk di pandang, dan suasana yang sangat menyegarkan pikiran.

Tebing-tebing yang curam dan hutan lindung yang dikelilingi Pantai Ngliyep memperlihatkan kenaturalan pantai ini. Dan membuat pantai ini menjadi salah satu tempat yang patut direkomendasikan untuk liburan anda, pantai ini memiliki tebing yang besar sehingga saat sore hari akan terlihat sangat eksotis dengan matahari terbenamnya.

Akses dan Alamat Pantai Ngliyep Malang

Legenda Pantai Ngliyep Desa Kedungsalam Donomulyo Malang Jawa Timur Indonesia

Legenda Pantai Ngliyep Desa Kedungsalam Donomulyo Malang Jawa Timur Indonesia

Pertama-tama, kita akan ketahui dulu di mana letak Pantai Ngliyep. Yakni tepatnya berada di area Desa Kedungsalam,Donomulyo, Malang, Jawa Timur.

Pantai Ngliyep ini sekitar 65 KM dari pusat kota Malang atau memakan waktu 2,5 sampai 3 jam perjalanan, pantai ini mudah di akses dengan kendaraan bermotor dan sekitar pada tahun 1980 akses menuju pantai ini sudah diaspal.

Jika dari arah Surabaya, Anda bisa langsung naik bus jurusan Malang Arjosari. Kemudian mencari angkutan umum jurusan Kepanjen. Kemudian mencari untuk angkutan umum jurusan Sumbermanjing Kulon atau Pagak.

Pantai Ngliyep salah satu destinasi wisata yang sudah lama di Malang. Namun jarak yang cukup jauh sehingga pantai ini jarang untuk dikunjungi, sehingga kealamian Pantai Ngliyep sangat terjaga dari sampah pengunjung, dan wisatawan memilih tempat wisata yang lebih dekat dengan akses jalur yang lebih bagus.

Pantai Lain Di Sekitar Pantai Ngliyep

Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Ngliyep Desa Kedungsalam Donomulyo Malang Jawa Timur Indonesia

Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Ngliyep Desa Kedungsalam Donomulyo Malang Jawa Timur Indonesia

Selain melihat keindahan Pantai Ngilyep, Anda juga dapat mengunjungi pantai-pantai lain yang dekat dengan lokasi ini. Misalnya saja Pantai Pasir Panjang, Pantai Goa Pathuk Ilang, Pantai Watu Lawang, dan Pantai Krambilan.

Jika Anda ingin ke Pantai Pasir Panjang, Anda bisa berjalan kaki dari Pantai Ngliyep. Karena memang sangat dekat, yaitu hanya 550 meter saja. Jika ditempuh dengan berjalan kaki, hanya membutuhkan waktu sekitar 7 menit saja.

Sedangkan untuk ke Pantai Goa Pathuk Ilang dari Pantai Ngliyep, dibutuhkan waktu sekitar 20 menit jika ditempuh dengan berjalan kaki. Karena jarak dari Pantai Ngliyep ke Pantai Goa Pathuk Ilang hanya 1,4 km. Pun dengan Pantai Watu Lawang. Hanya dibutuhkan waktu 20 menit berjalan kaki dari jarak tempuh 1,4 km dari Pantai Ngliyep.

Sedangkan jika ingin ke Pantai Krambilan, sedikit jauh karena membutuhkan waktu sekitar 47 menit dengan menaiki kendaraan. Karena jarak dari Pantai Ngliyep ke Pantai Krambilan adalah 15,3 kilometer.

Ini bisa memberikan Anda alternatif jika ingin sekaligus mengunjungi 4 pantai dalam satu hari. Menarik, bukan?

Fasilitas Wisata Pantai Ngliyep

Informasi Pantai Ngliyep Desa Kedungsalam Donomulyo Malang Jawa Timur Indonesia

Informasi Pantai Ngliyep Desa Kedungsalam Donomulyo Malang Jawa Timur Indonesia

Pantai Ngliyep ini sangat diminati para pengunjung karena menawarkan pemandangan yang sangat indah. Selain itu, banyak fasilitas yang ada di Pantai Ngliyep ini untuk memanjakan Anda jika berkunjung. Salah satunya adalah lahan parkir yang sangat luas. Lahan parkir ini tetap saja menjadi pusat perhatian karena tentu tidak akan nyaman saat berlibur namun kita memarkir kendaraan di lokasi yang tidak aman.

Tentu saja, selain parkir yang luas, di Pantai Ngliyep ini juga termasuk aman lho. Anda tidak perlu khawatir tentang masalah keamanan. Bagi Anda yang beragama muslim, jangan takut ketinggalan waktu sholat gara-gara tidak ada tempat untuk menunaikan sholat. Di Pantai Ngliyep ini terdapat mushola yang dapat digunakan untuk sholat bagi kaum muslim.

Selain itu, WC umum juga ada. Bisa Anda gunakan untuk bilas usai bermain dengan ombak Pantai Ngliyep. Semuanya ada. Sampai tempat makan yang menyediakan bermacam-macam menu pun ada. Jika Anda lapar, Anda bisa langsung datang untuk memesan makanan. Tentu saja, makanan laut menjadi menu andalan di sini. Jangan khawatir soal harga, karena masih terjangkau, sekitar Rp 50.000 untuk 1 porsi ikan laut bakarnya.

Jika Anda ingin menginap tidak perlu khawatir. Ada penginapan yang akan melindungi Anda dari angin malam yang dingin.

Untuk menikmati keindahan alam Pantai Ngliyep Malang ini, kita harus mengeluarkan uang sebesar Rp 15.000 saat weekend dan Rp 10.000 saat weekday. Untuk tarif parkirnya dikenakan biaya Rp 10.000. Sementara untuk biaya penginapan di Pantai Ngliyep per malamnya berkisar antara Rp 75.000 per malam. Namun harga ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca Juga : Tempat Wisata di Malang yang Murah

Cerita Legenda dan Angkernya Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep Desa Kedungsalam Donomulyo Malang Jawa Timur Indonesia Dan Sekitarnya

Pantai Ngliyep Desa Kedungsalam Donomulyo Malang Jawa Timur Indonesia Dan Sekitarnya

 

Asal mula nama dari Pantai Ngliyep ini adalah karena seseorang penemu pertama pantai ini yang bernama mbah atun. Dia adalah perantauan asal Jogjakarta, pada 1919 dan mulai dibuka secara resmi pada 1951. Sayangnya, sekarang Ngliyep kurang dikelola dengan baik karena masih terjadi persengketaan lahan antara pemerintah daerah dengan Perum Perhutani.

Karena berawal dari pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan area bermain luas dengan ditumbuhi pepohonan rindang. Bahkan alunan gelombangnya pun cukup menarik untuk dinikmat, karena Itulah Bernama Ngliyep yang artinya setiap orang yang melihat pantai ini akan merasa mengantuk dan tertidur (bahasa Jawa:liyep-liyep).

Ada mitos yang berkembang di masyarakat. Di Pantai Ngliyep ini terdapat sebuah gunung kecil atau tebing yang bernama gunung kumbang. Di puncak gunung tersebut diyakini adalah tempat favorit legenda Ratu Pantai Selatan atau Nyi Roro Kidul untuk bertapa. Di pantai ini pula sering diadakan labuhan, sebuah ritual yang dilakukan masyarakat setempat untuk menyerahkan sesaji menurut kepercayaan Jawa kepada Si Ratu Pantai Selatan.

Larangan di Pantai Ngliyep

Cerita Pantai Ngliyep Desa Kedungsalam Donomulyo Malang Jawa Timur Indonesia

Cerita Pantai Ngliyep Desa Kedungsalam Donomulyo Malang Jawa Timur Indonesia

Meskipun sangat luas dan menyenangkan, ada beberapa larangan yang tidak boleh dilanggar apabila Anda berada di Pantai Ngliyep. Salah satunya adalah berenang. Meski ombaknya terlihat kecil, namun cukup menipu. Sebenarnya ombak di Pantai Ngliyep ini cukup mematikan. Sudah ada beberapa kejadian yang ada di Pantai Ngliyep ini orang hanyut ke laut karena terseret ombak. Ada yang bilang, itu adalah ulah Nyi Roro Kidul.

Selain itu, Anda juga tidak boleh membuang sampah sembarangan di Pantai Ngliyep. Hal ini dilakukan agar kebersihan dan keindahan Pantai Ngliyep tetap terjaga.

Tidak berhenti di situ saja. Ada larangan lain yang konon katanya tidak boleh mengenakan baju berwarna hijau karena akan membuat orang yang memakai baju hijau tersebut terkena mala petaka. Ada sesuatu hal yang mengejutkan. Hal ini berhubungan dengan Nyi Roro Kidul yang rumornya menyukai warna hijau dan ingin menariknya ke dalam lautan.

Lihat juga : Gallery foto Wisata Pantai Ngliyep

Video Perjalanan Wisata Pantai Ngliyep Donomulyo Malang

Comments

Add Comment