Rute Car Free Day Ijen Diperluas, PKL Dilarang Beroperasi

Car Free Day Ijen Malang - Komunitas Sepeda

Car Free Day Ijen Malang – Komunitas Sepeda – Youtube

Car Free Day Ijen yang rute sebelumnya mulai depan Gereja Ijen hingga persimpangan Jalan Kawi, mulai tanggal 17 Januari 2016 diperluas menjadi mulai dari Simpang Balapan hingga Jalan Kawi. Penambahan jarak sekitar 500 meter dari kawasan semula. Selain itu, pihak Pemkot Malang juga akan mensterilkan kawasan CFD Ijen dari para Pedagang Kaki Lima, PKL.

Pihak Pemkot menyebut jika perluasan kawasan CFD Ijen ini dikarenakan semakin banyaknya warga Kota Malang, bahkan luar Kota Malang yang antusias setiap minggu pagi memadati Jalan Ijen. Untuk berolahraga, atau sekedar refreshing dari kepenatan kerja sehari-hari. Car Free Day setiap Minggu pagi di jalan Ijen ini sudah menjadi ikon Kota Malang tersendiri, sehingga mendapat perhatian penuh dari pihak Pemkot Kota Malang.

Car Free Day Ijen Malang - PKL berdagang di taman

Car Free Day Ijen Malang – PKL berdagang di taman – Malangkota.go.id

Tujuan pihak Pemkot Kota Malang yang melarang para PKL untuk beroperasi di kawasan Car Free Day dikarenakan banyaknya keluhan dari warga sendiri. Banyak warga yang mengeluh dengan adanya para PKL sebelumnya, kawasan Car Free Day Ijen tampak semrawut, kumuh dan banyak sampah dari barang dagangan PKL yang dibuang sembarangan. Namun, setelah larangan PKL diterapkan, pada 17 Januari kemarin, kawasan CFD Ijen jadi tampak lebih bersih, asri dan tertata. Selain itu, rumput yang ada di taman di kawasan CFD Ijen rusak, karena para PKL menggelar dagangannya dengan menginjak-injak rumput taman tersebut.

Mengenai perluasan kawasan Car Free Day Ijen yang berdampak pada penutupan jalan di sekitar area, pihak Pemkot sudah melakukan sosialisasi terkait rute jalan baru yang bisa dilalui warga dan tentunya para sopir angkot yang terdampak. Pihak Dishub melakukan rekayasa jalan untuk jalur angkot yakni arus dari Jalan Semeru diarahkan ke Jalan Merapi, kemudian ke Jalan Buring, Jalan Guntur, Jalan Anjasmoro, Jalan Raung, sampai di Jalan Jakarta.

Car Free Day Ijen Malang - Senam Aerobik - fotovideograficom

Car Free Day Ijen Malang – Senam Aerobik – fotovideografi.com

Pemkot juga memperhatikan aspek pengamanan agar warga bisa leluasa dan tenang menikmati suasana Car Free Day Ijen. Akan disiagakan sekitar 179 personel gabungan dari Satpol PP, TNI dan Polri, setiap Minggu pagi untuk memberikan pengamanan di kawasan CFD Ijen. Personel gabungan itu nantinya akan disebar di 14 titik. Pengamanan meliputi antisipasi dari tindak kriminal seperti copet, pengamanan terhadap PKL yang nakal dan juga menjaga agar kawasan car Free Day Ijen steril dari kendaraan yang masuk.

Berikut ini rute baru Car Free Day Ijen :

Comments