Rumah Makan Inggil, Kuliner Sekaligus Museum Bersejarah di Malang

Galeri Topeng Malang di Rumah Makan Inggil

Galeri Topeng Malang di Rumah Makan Inggil @zhadoet

Kalau kalian mencari sebuah tempat kuliner yang unik tapi gak pengen yang mainstream di Malang, silakan datang ke Rumah Makan Inggil. Karena di sini kalian akan disuguhi dengan pesona zaman dulu. Rumah Makan Inggil merupakan resto yang juga berperan sebagai museum. Keren, kan?

Pernak Pernik Jaman Dulu di Rumah Makan Inggil

Pernak Pernik Jaman Dulu di Rumah Makan Inggil @cupuwatu

Ketika pertama kali masuk di Rumah Makan Inggil ini, kalian seakan kembali ke zaman saat Indonesia belum merdeka atau bahkan beberapa tahun setelah merdeka. Pasalnya, interior di Rumah Makan Inggil ini sangat kental dengan suasana jadul. Mulai dari lantainy ayang masih menggunakan ubin abu-abu, tembok yang semi permanen, lesehan bambu dan meja kursi yang desainnya jadul banget. Selain itu, ada gambar Gunung Arjuno raksasa di dinding tempat lesehannya. Makan di sini berasa sedang ada di gubuk-gubuk kaki Gunung Arjuno.

Dari tampilannya saja udah jadul banget, tapi gak berhenti di situ. Di ujung ruangan yang berhadapan langsung dengan pintu masuk sudah ada panggung mini yang biasanya dijadikan sebagai panggung hiburan. Yang tampil tentu bukan band-band kekinian, melainkan pertunjukan gamelan, ketoprak, keroncong, sampai dangdut campur sari. Pokoknya berasa banget jadulnya.

Fasilitas Hotspot Gratis di Rumah Makan Inggil

Fasilitas Hotspot Gratis di Rumah Makan Inggil @vahn_ie

Meskipun tampilan dan temanya jadul, kalian gak perlu khawatir untuk masalah fasilitas. Di Rumah Makan Inggil sudah terpasang Wi-Fi gratis. Dari depan sudah terpampang tulisan “Dateng Mriki Saget Hotespot – Mboten Sisah Mbayar” yang artinya di sini sudah ada Hotspot atau Wi-Fi – tanpa perlu bayar.

Baca Juga : Tempat-Tempat Kuliner di Malang

Tidak cuma itu saja, di Rumah Makan Inggil ini banyak sekali koleksi benda-benda antik, seperti uang lama, poster-poster tempo doeloe, sampai potongan merek-merek kretek pada zaman dulu. Ada juga topeng-topeng yang ikonik, foto dari gedung-gedung bersejarah di Malang, jam beker kuno yang bentuknya lucu-lucu, telepon kuno, mesin ketik tua, mesin jahit kuno, radio lawas, dan masih banyak lagi.

Yang paling menarik adalah sebuah alat keriting rambut dengan usia yang sudah tak lagi muda. Desainnya jadul banget, berasal dari Belanda yang di sana tertera tulisan 1930. Mereknya ada IDOLA. Alat tersebut merupakan pemberian dari Tante Tan, yang mana merupakan putri dari Ong Kian Bie Studio Malang.

Menu Gurami Bakar di Rumah Makan Inggil

Menu Gurami Bakar di Rumah Makan Inggil @w4w4nwaw

Oiya, sampai lupa membahas makanannya. Menu andalan di Rumah Makan Inggil ini adalah Gurami goreng/bakar dan ayam bakar. Karena daging ikan guramai dan ayamnya sangat empuk dan bumbunya meresap sempurna. Sepertinya memang menggunakan bahan-bahan rempah yang wanginya saja sudah unik. Sambalnya juga jangan sampai lupa. Enak banget, nendang banget. Kalian pasti ketagihan deh.

Selain itu, ada juga menu lain seperti sate ayam, nasi goreng, dan lain sebagainya. Untuk minumannya juga ada yang tradisional lho. Kalian yang kangen minuman tempo dulu, bisa pesan wedang jahe, wedang ronde, jamu kebon agung, sinom, dan lain-lain.

Baca Juga : Berbagai Rekomendasi Tempat Kuliner di Batu – Malang

Harganya jangan khawatir. Meskipun terlihat kalau ini mahal-mahal, sebenarnya relatif sih. rata-rata untuk satu orang menghabiskan Rp 35.000-an. Gak terlalu mahal kan? Apalagi kalau udah dapat banyak banget hiburan dari pertunjukan sampai koleksi-koleksi kuno lagi. Yang lebih menarik lagi adalah, semua pramusaji di sini menggunakan pakaian daerah. Menarik, kan?

Rumah Makan Inggil merupakan tempat makan yang tidak boleh dilewatkan kalau lagi berkunjung ke Malang. Selain bisa kenyang makan dengan enak, kalian jadi bisa tahu benda-benda serta nuansa Malang kalau pas zaman sebelum merdeka.

Lokasi Tempat Rumah Makan Inggil Malang

Lokasi Tempat Rumah Makan Inggil Malang @cinta_vintage

Lokasi Tempat Rumah Makan Inggil di mana ya?

Rumah Makan Inggil ini ada di Jalan Gajahmada No. 4 Malang Kota/ Klojen.

Comments

Add Comment