Pulau Morotai Maluku Utara – Sejarah dan Surga Para Penyelam

Wisata Keindahan Pulau Morotai Maluku Utara

Wisata Keindahan Pulau Morotai Maluku Utara

Sudahkan Anda mengenal pulai morotai? Nah, mungkin kebanyakan dari Anda masih asing ya. Namun saat ini kirannya Anda perlu mengetahui apa sajakah kekayaan alam yang di miliki negara tercinta Indonesia dan tidak kalah dengan wisata yang di luar negeri. Langsung saja, pulau Morotai terletak di Utara Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara. Pulau ini menjadi salah satu pulau paling utara di Indonesia lho juga merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Halmahera Utara.

Pulau Morotai Dimana?

Jika di lihat dari luasnya memang tidak terlalu luas sih,  hanya sekitar 1.800 kilometer persegi saja. Namun, pulau ini sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang menggigit dan juga banyak sekali menyimpan pesona, baik pesona bawah laut, pesona kepulauan, maupun pesona sejarahnya yang kuat. Tentunya semakin membuat Anda penasaran bukan? Lebih lanjut lagi akan di jelaskan terkait identitasnya dahulu ya. Nah, Pulau Morotai sendiri berbatasan dengan Samudera Pasifik di sebelah Utara, Laut Halmahera di sebelah Timur, dan di bagian selat Morotai di sebelah Selatan juga Laut Sulawesi di sebelah Barat.

Diving dan Menyelami Keindahan Bawah Laut di Pulau Morotai Maluku Utara

Diving dan Menyelami Keindahan Bawah Laut di Pulau Morotai Maluku Utara

Baca Juga : Pulau Gili Meno, Wisata Pantai Terbaik di Indonesia

Wisata di Pulau Morotai Maluku Utara

Di lihat dari total populasinya yakni sekitar 53.000 jiwa, bahkan Pulau Morotai juga memiliki beberapa pantai dengan pemandangan yang amat memukau. Apalagi dengan di dampingi oleh rahasia keindahan bawah lautnya, banyak misteri yang penuh keajaiban. Pulau Morotai memiliki beberapa tempat menyelam yang menarik hingga sanggup membuat decak kagum bagi tamu bawah lautnya. Awalnya hanya di gunakan sebagai basis pertahanan Jepang selama Perang Dunia II saja. Kemudian, seiring dengan perkembangan zaman, pulau ini diambil alih oleh Sekutu. Untuk apakah itu? Tidak lain yakni digunakan sebagai landasan pesawat untuk menyerang wilayah Filipina dan Borneo Timur.

Sejarah Pulau Morotai Maluku Utara

Seakan semakin banyak menyimpang sejarah yang perlu di pelajari ya, dengan mengetahui sejarahnya maka juga akan banyak menarik minat Anda untuk berkunjung kan? Selanjutnya sekitar pada abad ke-15 dan 16, pulau Morotai berada di bawah Kesultanan Ternate. Penduduk lokal di Pulau Morotai sendiri sepertinya masih mengingat sejarah akan  Perang Dunai II lho. Bayangkan saja sejak tahun 1944-1945 tempat ini menjadi sebuah lokasi pertempuran yang sengit dari puluhan pesawat tempur. Saat itu pesawat menderu ketika lepas landas dan mendarat di sepanjang Teluk Daruba.

Sejarah Peninggalan Perang Jepang Pulau Morotai Maluku Utara

Sejarah Peninggalan Perang Jepang Pulau Morotai Maluku Utara

Banyak tentara yang bertebaran di setiap sudut pulau dan kapal angkatan laut dengan berlabuh membawa pasokan kebutuhan harian tentara. Misterius sekali bukan? Ternyata Selama Perang Dunia II berlangsung, banyak pasukan Sekutu yang terus menempati Morotai sampai akhirnya Jepang menyerah pada sekutu pada tahun 1945 dan meninggalkan pulau tersebut. Sebelum meninggalkan pulau morotai, pasukan Sekutu sempat membakar semua bangunan yang mereka dirikan lho. Ya mungkin karena tidak mau jika jepang memanfaatkan bangunan tersebut untuk kepentingannya. Kini dapat di katakan pulau Morotai menjadi saksi sejarah Perang Dunia II.

Baca Juga : Pantai Green Bowl Beach Bali, Meniti Anak Tangga ke Surga Tersembunyi

Banyak peninggalan perang di sana, seperti gua persembunyian, landasan pesawat, juga kendaraan lapis baja yang sampai saat ini masih utuh walaupun sudah berkarat sih. Gua yang terkenal yakni “Nakamura”, gua ini menjadi tempat persembunyian tentara Jepang yang konon bersembunyi selama 30 tahun lamanya.

Panorama Terumbu Karang Pulau Morotai Maluku Utara

Panorama Terumbu Karang Pulau Morotai Maluku Utara

Demikian tadi adalah ungkapan sejarah tentang pulau morotai. Nah, jika Anda ingin berkunjung ke sana maka dapat di tempuh dengan menggunakan kapal cepat dari Tobelo ke Daruba. Selain itu juga dapat dengan menggunakan beberapa maskapai penerbangan untuk mendarat di Morotai. Namun terkait jadwal dan maskapai yang melayaninya masih belum tentu, semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Comments

Add Comment