Pesona Coban Nirwana, Air Terjun Berundak di Malang

Air Terjun Coban Nirwana Malang

Air Terjun Coban Nirwana Malang @raditya_dik1

Coban Nirwana – Seakan tak pernah habis Malang mencuat dengan keindahan alam yang memukau. Setelah terkenal dengan pantai yang indah, Malang kini juga dijuluki sebagai surganya air terjun. Bagaimana tidak, air terjun di Malang ini sudah tak terhitung jumlahnya. Mulai dari Coban Rondo, Coban Rais, Coban Talun, dan masih banyak lagi.

Dan sekarang kita akan membahas tentang satu coban lagi yang tak kalah menarik. Namanya adalah Coban Nirwana. Coban Nirwana merupakan salah satu coban yang wajib dikunjungi karena memang tergolong masih baru dan memiliki pemandangan indah serta masih alami. Wah, menarik kan?

Coban Nirwana memiliki karakteristik air terjun berundak/bertingkat dengan dua tingkat utama yang terlihat, aliran air terjun disini cukup deras apalagi jika musim hujan, namun jika kamu ingin mendapatkan pemandangan yang indah kamu bisa datang di musim kemarau tepat setelah musim hujan.

Coban Nirwana ini sangat cocok lokasinya bagi kalian yang ingin ngadem dan melepaskan diri sejenak dari penatnya kota. Suasana sejuk khas pegunungan dengan pemandangan hijau alamnya yang masih natural dan air terjunnya yang sangat jernih akan memberikan sensasi kesegaran yang maksimal bagi trip-er semua. Bagi kalian yang suka berenang, jangan khawatir di bawah air terjun ini terdapat kolam yang tidak terlalu lebar yang bisa di buat untuk berenang maupun sekedar menceburkan diri. Coban Nirwana ini memiliki kedalaman hingga 3 meter.

Lokasi Coban Nirwana

Lokasi Coban Nirwana ini terletak di Desa Sumber Bende, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. dari pusat Kota Malang lumayan jauh, yakni sekitar 42 kilometer jika ditempuh melalui Jalan Panglima Sudirman. Kira-kira waktu tempuhnya dari pusat Kota Malang sekitar satu setengah jam.

Lokasi Air Terjun Coban Nirwana Gedangan Kabupaten Malang

Lokasi Air Terjun Coban Nirwana Gedangan Kabupaten Malang @azkingnorgay

Nah, untuk aksesnya sendiri, sebenarnya cukup mudah. Karena Coban Nirwana ini terletak tidak seberapa jauh dari Pasar Gedangan. Hanya saja kondisi jalan yang dengan dengan lokasi masih sempit dan belum beraspal. Sehingga butuh kehati-hatian yang tinggi. Sangat disarankan untuk mengendarai motor saja.

Selain itu, ada jalur satu lagi yang dapat kalian lalui untuk mencapai lokasinya, yaitu dengan menelusuri jalanan melalui Kecamatan Sumber Manjing Wetan, atau lebih keren di sebut Sumawe. karena air terjun ini tepat berada di perbatasan antara Kecamatan Gedangan dan Kecamatan Sumber Manjing Wetan.

Asal usul Coban Nirwana

Dulunya, air terjun ini kerap disebut sebagai Coban Mbok Karimah. Entah mengapa disebut dengan nama itu, mungkin saja penemunya dulunya bernama Mbok Karimah. Mungkin saja. Selain itu, coban ini juga memiliki nama lain, yaitu Coban Gedangan. Namun seiring berjalannya waktu, warga setempat memberinya nama dengan Coban Nirwana dengan alasan agar lebih menjual.

Asal Usul Cerita Air Terjun Coban Nirwana Gedangan Malang

Asal Usul Cerita Air Terjun Coban Nirwana Gedangan Malang @kkngedangan2017

Awalnya, wisata alam ini merupakan air terjun biasa yang tidak banyak orang tahu. Namun stelah foto-foto keren dari air terjun ini beredar luas di media sosial, seperti Instagram dan Facebook, Coban Nirwana jadi makin terkenal dan banyak diminati wisatawan.

Harga tiket masuk Coban Nirwana

Untuk bisa masuk ke kawasan wisata Air Terjun Nirwana, pengunjung tidak dipungut biaya tiket. Alias kalian bisa masuk secara gratis. Hal ini disebabkan oleh Coban Nirwana yang memang belum resmi menjadi tempat wisata. Sehingga memang ala kadarnya.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Coban Nirwana Gedangan Kabupaten Malang

Harga Tiket Masuk Air Terjun Coban Nirwana Gedangan Kabupaten Malang @haris_sikidang

Wisata Air Terjun ini sendiri masih dalam proses pengembangan agar bisa menjadi tempat wisata populer di Malang. Fasilitas yang ada pun di sini masih sangat minim. Bahkan untuk tempat parkir saja belum ada. Sehingga bagi pengunjung yang datang ke Coban Nirwana kendaraan harus dititipkan ke rumah warga setempat. Tapi tenang, semua dijamin aman.

Comments

Add Comment