Pemandian Kalireco, Wisata Air Murah Meriah Penyegar Otak

Wisata Hits Pemandian Kalireco Sumberwaras Lawang Malang

Wisata Hits Pemandian Kalireco Sumberwaras Lawang Malang @fasialbas

Destinasi wisata di Malang seakan tidak pernah habis dibahas. Mulai dari wisata yang penuh dengan wahana macam Jawa Timur Park, sampai wisata alam yang identik dengan pantai. Tapi Malang tentu saja tidak melulu tentang pantai. Ada destinasi wisata lainnya seperti air terjun yang kerap disebut dengan coban.

Nah, kali ini kita akan membahas sebuah pemandian yang setengah coban. Wah, apa ya itu?

Namanya adalah Pemandian Kalireco. Pemandian ini belakangan jadi sangat nge-hits, khususnya di jejaring sosial Instagram. Pasalnya, pemandangan dan tata letak dari Pemandian Kalireco ini sangat keren dan Instagram-able.

Pemandian Kalireco ini berada di kawasan Sumber Waras, Lawang, Kabupaten Malang. Atau lebih tepatnya di kaki Gunung Arjuna. Mengingat tempatnya yang cukup jauh dari pusat Kota Malang, maka wisata ini belum banyak diketahui oleh banyak orang. Sehingga pemandian di sini masih sangat alami dan bersih!

Mata Air air Kalireco yang menyuguhkan pesona wisata air yang asri nan menyegarkan. Dipadu dengan warna air yang jernih dan rimbunannya pepohonan sekitar, hampir mirip dengan Objek Wisata Candirawan, Singosari yang seolah menjadi daya tarik tersendiri bagi obyek wisata baru ini. Berendam di Pemandian Kalireco, Anda bakal merasa seolah-olah menjadi raja yang tengah menikmati balutan air telaga. Kalireco sebuah pemandian yang juga dimanfaatkan oleh warga setempat sebagai saluran irigasi sawah. Meski demikian, pesonanya tak kalah dengan objek-objek wisata lainnya yang lebih dahulu kondang di Malang. Namun, Anda diperkenankan menyumbang seiklasnya untuk membantu biaya perawatan dan pengembangan obyek wisata ini.

Pemandian Kalireco ini sebenarnya merupakan irigasi yang kerap dijadikan warga untuk sehari-hari.

Fasilitas di Pemandian Kalireco Sumberwaras Lawang Malang

Fasilitas di Pemandian Kalireco Sumberwaras Lawang Malang @rudi_prasetyo_

Bagaimana dengan fasilitas di Pemandian kalireco ini? Tenang saja, kalian yang berkunjung ke sini memiliki fasilitas yang mumpuni, meskipun masih sangat minim. Ada area parkir, tempat istirahat, kamar mandi, dan warung makan.

Untuk mencapai Pemandian Kalireco ini, kalian bisa mengendarai kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil pribadi. Jika masih bingung, silakan mengikuti petunjuk seperti yang ada di Google Maps karena sudah ada di sana. Sayangnya memang akses jalannya sedikit rusak dan kurang layak. Di awal-awal masih bagus sih, tapi beberapa kilometer sebelum sampai di lokasi pemandian, kalian akan melewati jalanan berbatu dan penuh tanah. Sangat tidak disarankan untuk datang ke Pemandian Kalireco ini saat musim hujan karena pastinya kondisi jalan akan sangat lici, becek, dan sulit dilalui.

Bagi Anda yang mengendarai kendaraan umum seperi bus atau angkutan lainnya, juga tidak akan sulit. Anda hanya harus berhenti di terminal bus Kecamatan Lawang, kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan ojek dan sampailah kalian ke Desa Sumber Waras hingga ke lokasi Wisata Pemandian Kalireco Lawang tersebut.

Harga Tiket Masuk Pemandian Kalireco Sumberwaras Lawang Malang

Harga Tiket Masuk Pemandian Kalireco Sumberwaras Lawang Malang @cak_dii98

Harga tiket masuk Pemandian Kalireco adalah gratis alias tidak dipungut biaya. Hanya ada sumbangan seikhlasnya untuk membantu pembangunan guna mengembangkan objek wisata ini. Kok bisa gratis sih? Ya, karena memang tempat wisata ini belum dilirik oleh Dinas Pariwisata Setempat.

Ada pun tips jika kalian berkunjung ke sini adalah untuk tidak lupa membawa baju ganti, minimal satu pasang. Bekal makanan dan minuman pun juga jangan sampai lupa. Meskipun di sana ada warung yang berjualan makanan, namun memang lebih enak jika membawa makanan sendiri. Selain itu penjualnya juga masih sedikit, sehingga pilihan makanan juga itu-itu saja. Satu lagi, jangan lupa membawa kamera dan charge dulu baterai kamera kalian agar bisa puas mengambil gambar terbaik saat berlibur di Pemandian Kalireco Lawang Malang ini.

Comments

Add Comment