Omah Kayu – Rumah Pohon Malang, Menginap di Atas Pohon Dengan View Pengunungan

Rumah Pohon Malang Wisata Rumah Kayu Batu Malang

Rumah Pohon Malang Wisata Rumah Kayu Batu Malang

Omah Kayu mungkin adalah satu-satunya Rumah Pohon Malang yang ada saat ini. Tentu saja, kehadiran Rumah Pohon Malang ini memberikan angin segar bagi para wisatawan yang ingin berlibur ke Malang. Biasanya, Malang hanya memiliki wisata seperti permainan wahana di Jatim Park, Secret Zoo, Batu Night Spectacular, kolam renang, agorwisata, dan berbagai pantai yang tersebar di pinggiran Malang. Hadirnya Rumah Pohon Malang ini membuat keberagaman wisata di Malang bertambah.

Rumah Pohon Malang dengan nama Omah Kayu ini berlokasi di kawasan obyek wisata Gunung Banyak, Desa Pandesari Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Bagi yang belum tahu, Gunung Banyak adalah lokasi yang biasa dipakai untuk olahraga paragliding atau paralayang.

Minat para wisatawan baik lokal maupun asing ke Omah Kayu ini menandakan bahwa penyegaran dari sisi genre wisata seperti ini terbukti ampuh untuk menaikkan trafik pengunjung di Malang. Pihak pengelola yang berasal dari Kabupaten Malang sendiri dirasa tepat sasaran membuat wisata rumah pohon seperti ini sebagai yang pertama dan satu-satunya di Malang.

Lokasi Rumah Pohon Malang – Omah Kayu

Lokasi Omah Kayu di Batu Rumah Pohon Malang

Lokasi Omah Kayu di Batu Rumah Pohon Malang

Lokasi Omah Kayu ini dari pusat Kota Malang berjarak sektar 30 km dan butuh kira-kira satu jam untuk mencapai tempat Rumah Pohon Malang. Yang menarik lagi adalah Anda tidak perlu repot mencarinya, lantaran lokasi Rumah Pohon Malang ini berdekatan dengan Wisata Songgoriti. Selain Wisata Songgoriti, Rumah Pohon Malang ini juga relatif dekat dengan wisata lainnya, seperti Air Terjun Coban Rondo, Coban Pitu, Coban Rais, dan Wisata Air panas Cangar.

Lantas bagaimana cara mencapai lokasi Rumah Pohon Malang?

Untuk menuju Rumah Pohon Malang atau Omah Kayu, sebenarnya sangatlah mudah. Bisa diakses dari berbagai penjuru, baik dari arah Surabaya atau Pasuruan, maupun dari arah Kediri, Jombang, Mojokerto, bahkan Blitar.

Secara umum, rute menuju Desa Pandesari Kecamatan Pujon Malang ini sangat mudah karena lokasi berada di jalur yang menghubungkan Malang – Kediri, Malang – Jombang, dan jalur alternatif Malang – Blitar. Nah, berikut ini adalah rute utama menuju lokasi Rumah Pohon Malang atau Omah Kayu Malang.

Dari Arah Surabaya

Pertigaan Karangploso belok kanan ke Jalan Perusahaan hingga Jalan Raya Ngijo Karangploso
Belok Kiri Ke Jl. Drs. Moh Hatta – Belok kanan ke Jl Mojorejo hingga ke Jl Rajekwesi daerah kawasan wisata Paralayang Gunung Banyak

Dari Arah Kediri

Melalui kawasan kawasan Pujon, Jl Brigjen Abdul Manan menuju ke Jl Rajekwesi, dan dilanjutkan menuju ke kawasan wisata paralayang Gunung Banyak

Keunikan Rumah Pohon Malang atau Omah Kayu

Alamat Omah Kayu batu Jawa Timur Rumah Pohon Malang

Alamat Omah Kayu batu Jawa Timur Rumah Pohon Malang

Keunikan dari Rumah Pohon Malang ini adalah desainnya yang unik menggunakan bahan baku kayu dengan luas 3x2x2 meter. Total ada 6 unit rumah pohon di sini. Dengan kualitas bahan kayu yang sangat kuat, maka Anda yang ingin berpijak di sini tidak perlu khawatir. Kayu yang digunakan adalah kayu eukaliptus yang mana biasanya dipakai sebagai bahan bangunan. Kayu tersebut juga digunakan untuk bahan dasar pada bagian balkon dan juga pagarnya.

Sementara untuk dinding Rumah Pohon Malang ini menggunakan papan kayu pinus yang disusun dengan rapi dan rapat sehingga penghuninya akan merasa hangat saat bermalam di sini. Sedangkan untuk bagian atap, pengelola memutuskan menggunakan bahan ijuk.

Sebagai tempat penginapan, di dalam tempat peristirahatan ini juga disediakan 1 tempat tidur, 2 bantal, sebuah selimut dan peralatan makan. Namun, untuk kamar mandinya tidak terdapat di dalam kamar, tetapi di tempat lain yang terpisah dengan bangunan. Untuk 6 unit Rumah pohon ini disediakan 2 kamar mandi luar yang dilengkapi dengan air hangat.

Selain itu, Anda di sini bisa menikmati keinahan dari Kota Batu dengan jelas. Baik saat malam hari atau siang hari. Pasalnya lokasi Rumah Pohon Malang ini berada di sebelah barat Kota Batu yang terletak di Puncak Perbukitan atau Gunung yang mengitari Kota Batu.

Bagi Anda yang doyan selfie, silakan berfoto rias sepuas mungkin di sini. Pemandangan hijau indah sudah terbentang di depan mata. Tidak ada alasan untuk tidak selfie kalau sudah berada di lokasi ini. Hasrat untuk selfie akan langsung meningkat saat melihat begitu indahnya pemandangan di sekitar Omah Kayu.

Villa Omah Kayu Rumah Kayu Paralayang Batu Malang

Villa Omah Kayu Rumah Kayu Paralayang Batu Malang

Saat malam datang, Anda akan sangat dimanjakan dengan pemandangan indah Kota Batu yang penuh dengan lampu berpendar di sana-sini. Mirip gugusan bintang yang berserakan di tanah! Akan tetapi, Anda harus pastikan saat itu tidak ada kabut, ya! Karena tentu saja kabut itu akan menghalangi jarak pandang dan membuat lampu-lampu di bawah tidak terlihat. Sayang sekali, bukan?

Di pagi harinya, Anda bisa menikmati hijaunya pemandangan sekitar, kicauan burung yang hidup bebas dan bernyanyi di dahan-dahan pohon. Dinginnya Kota Batu akan lebih terasa, namun kontras dengan terpaan sinar mentar pagi yang seakan bertarung suhu di tubuh Anda. Belum lagi Anda bisa bersantai di balkon rumah pohon lengkap dengan kopi panas serta sarapan yang tentunya akan menambah kesan menyenangkan. Biasanya, orang yang sudah pernah menginap di sini akan berkeinginan untuk kembali merasakan sensasi yang sama di lain kesempatan. Anda tidak ingin mencobanya?

Harga tiket masuk Rumah Pohon Malang atau Omah Kayu

Anda yang kebetulan ingin masuk dan berwisata di sini bareng keluarga, tenang saja. Pasalnya harga tiket masuknya sangat murah. Jika ingin melihat-lihat Rumah Pohon Malang ini, tanpa menginap atau sekadar berfoto-foto saja, harga tiket masuk Rumah Pohon Malang atau Omah Kayu adalah sebesar Rp 5000 per orang. Sangat terjangkau, bahkan oleh anak sekolah sekalipun.

Dengan bermodalkan uang Rp 5.000 saja, Anda sudah bisa mendapatkan hasil foto terbaik dengan latar belakang pegunungan hijau yang indah. Menarik bukan?

Harga penginapan di Rumah Pohon Malang atau Omah Kayu

Harga Sewa Omah Kayu Batu Malang Per Malam

Harga Sewa Omah Kayu Batu Malang Per Malam

Bagi Anda yang ingin memiliki pengalaman bermalam di Rumah Pohon Malang alias Omah Kayu, tentu saja bisa. Sudah disinggung sebelumnya bahwa di sini Anda juga bisa menginap. Lantas berapakah harganya?

Ada dua harga yang dipatok oleh pengelola untuk tarif menginap di Rumah Pohon Malang. Yang pertama harga weekday dan harga weekend. Nah, untuk harga weekday, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp 350.000 per malam. Sedangkan untuk harga weekend tentu lebih mahal, yaitu sebesar Rp 450.000 per malam.

Fasilitas yang Anda dapatkan dari menginap di Rumah Pohon Malang ini adalah sarapan atau makan pagi untuk dua orang keesokan harinya. Selain itu sebagai peran serta pihak pengelola dalam rangka kelestarian alam sekitar, setiap tamu yang menginap di Rumah Pohon Malang akan diberikan dua bibit pohon yang wajib ditanam di area penginapan.

Akan tetapi, Anda harus lebih dulu melakukan reservasi jika ingin menginap di Omah Kayu atau Rumah Pohon Malang ini. Terutama di weekend atau saat liburan sekolah panjang. Biasanya sudah penuh hingga beberapa hari. Sayang sekali kan jika sudah berangkat ke sana untuk menginap tapi ternyata malah sudah. Untuk itu, sebaiknya Anda melakukan pemesanan khusus untuk yang ingin menginap.

Comments

Add Comment