Mengenang Dancing Baby, Video Viral Pertama di Dunia Maya

dancing baby meme

photo by Hot Topics Forum

Mereka yang berasal dari tahun 90-an pasti mengetahui fenomena ini. Namanya Dancing Baby atau juga biasa disebut Baby Cha-Cha. Dancing Baby dengan cepat menjadi fenomena di berbagai media dan tentunya video viral pertama di paruh kedua era 1990-an.

Dancing Baby adalah fenomena yang mengacu pada animasi bayi berjoged tari cha-cha. Karakter animasi 3D itu sebenarnya merupakan sampel produk dari Character Studio. Source file yang asli diproduksi dan dipersiapkan oleh tim pengembangan Character Studio; Michael Girard, Susan Amkraut, John Chadwick, Paul Bloemink, John Hutchinson, dan Adam Felt di Unreal Pictures dan Kinetix/Autodesk.

Sebagai sampel produk, source file itu kemudian dirilis pada musim gugur tahun 1996. Tak disangka, ketika source file dari karakter animasi 3D itu dirilis ke publik, banyak animator dan pengguna yang membuat klip video mereka sendiri dari animasi Dancing Baby. Mereka pun kemudian mengedarkan hasil karya mereka melalui forum-forum internet, situs web komersial dan swasta, serta dalam iklan cetak dan e-mail.

Pada akhir 1996, seorang pengembang web, Michael Girard, berhasil menciptakan sebuah animasi gif yang sangat padat dari source file tersebut. Dia sebetulnya membuat itu sebagai bagian dari demo untuk proses transfer dari movie-to-gif. Girard kemudian menerbitkan gif tersebut di halaman web tempatnya bekerja. Ternyata, hasil karyanya mencuri perhatian banyak netizen dan langsung menjamur ke berbagai situs web lain.

Michael Girard

Youtube/Great Big Story

Saking fenomenalnya, karya Girard juga diulas di media-media mainstream terkenal. Gif buatannya juga dipakai di drama televisi (misalnya Ally McBeal), iklan komersial, dan  sejumlah video musik antara tahun 1997 sampai 1998. Animasi gif ini juga ditemukan di sejumlah game populer, termasuk FIFA 99.

Dalam pertandingan sepak bola di game FIFA 99, editor memasukkan animasi pemain yang melakukan tarian Dancing Baby.  Tak hanya itu, gif itu juga tampil di sebuah game Xbox dan PS2, Silent Hill 4. Dan puncaknya, sebuah grup musik di serial Ally McBeal, yang disebut Trubble, merilis sebuah lagu berjudul Dancing Baby (Ooga-Chaka), yang mana lagu tersebut melejit di Australia pada akhir tahun 1998 dan awal tahun 1999. Lagu itu juga menjadi hit di tanggal lagu Britania Raya.

Great Big Story pun sempat melacak keberadaan Girard untuk mempertanggungjawabkan “kejahatannya”. Tim Great Big Story berusaha mengulik sejarah awal diciptakannya animasi gif Dancing Baby oleh Girard. Ternyata, Girard saat itu hanya ingin membuat sebuah demo teknologi yang dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa animasi yang berbeda dapat dipetakan ke model karakter yang berbeda-beda.

Akhirnya, dia membuat itu menjadi GIF. Girard kala itu masih merupakan karyawan di LucasArts. Anehnya, ketika tim Great Big Story bertanya kepada  Girard, “Apakah dia menyesal menciptakan itu?”. Pria itu menjawab “Ya, 100 persen.” Girard bahkan mengaku juga menerima e-mail yang berisi Dancing Baby. Dan menurutnya, itu sangat menjengkelkan.

 

 

 

 

Comments

Add Comment