Keren, Penata Rias Ini Jago Bikin Gambar Ilusi Optik di Wajahnya

Mimi-Choi

Photo: Mimi Choi/Instagram

Setiap orang pasti memiliki hobi yang bikin mereka selalu bersemangat untuk melakukannya. Tak jarang, hobi yang kita geluti justru membuat nama kita jadi tenar. Hal ini dikarenakan karya-karya yang kita ciptakan mendapat respon positif dari publik.

Adalah Mimi Choi (31), seorang penata rias dari Vancouver, yang kini menjadi viral di dunia maya. Dia menghabiskan waktunya berjam-jam untuk menciptakan berbagai ilusi optik. Ketika kamu memandang karyanya, sekilas itu akan tampak seperti di-photoshop. Padahal pada kenyataanya tidak sama sekali.

Mimi-Choi

Photo: Mimi Choi/Instagram

Usut punya usut, Choi ternyata masih tergolong baru di bidang tata rias. Pasalnya, dia dulunya berprofesi sebagai guru. Choi pun memutuskan untuk mengikuti passion yang dia miliki dan mendaftar di sebuah kelas makeup. Hal itu terjadi baru tiga tahun yang lalu. Saat itu, dia menghadiri kelas makeup di Blanche Macdonald, sebuah sekolah kecantikan lokal, untuk mempelajari dasar-dasar makeup.

Ketertarikan Choi pada makeup rupanya mengantarkan dia pada hobi membuat ilusi optik di wajah. Sejak itu, dia pun rajin mem-posting karya-karyanya di platform jejaring sosial Instagram.

“Ketika saya menciptakan ilusi optik, saya mencari inspirasi sebagian besar dari lingkungan, fotografi, lukisan, dan emosi. Saya mencoba untuk tidak terlalu banyak melihat karya makeup artist lain dan berusaha menantang diri saya sendiri untuk menghasilkan karya asli yang unik,” kata Choi saat diwawancarai Allure Magazine.

Mimi-Choi

Photo: Mimi Choi/Instagram

“Tujuan utama saya setiap kali saya menciptakan tampilan baru adalah untuk mengalahkan diri saya yang ada di hari kemarin, karena saya adalah seorang kritikus terbesar untuk diri saya sendiri. Saya memaksa diri saya untuk membuat sesuatu yang mengesankan dan itu telah memotivasi saya untuk terus mencoba dan melakukan yang lebih baik.”

Gara-gara karya ilusi optiknya, Mimi Choi kini memiliki lebih dari 140.000 pengikut di Instagram. Dia juga mendapat pujian dari jutaan orang yang telah melihat karya-karyanya yang di-posting online di medsos. Kendati demikian, tetap ada saja orang yang mengaku tidak percaya bahwa dia dapat menciptakan efek ilusi semacam itu, tanpa menggunakan software editing digital seperti Photoshop.

Menanggapi hal tersebut, Choi telah berulang kali menyatakan bahwa dia tidak pernah menggunakan Photoshop. Sebaliknya, dia hanya menggunakan kuas untuk menggambar wajahnya. Untuk beberapa karya yang rumit, Choi pernah menggambarnya selama 5 jam dan saking capeknya, dia bahkan sampai tertidur di tengah-tengah sesi makeup.

“Saya ingin melakukan sesuatu yang berbeda, ketika saya melihat di Instagram dan menemukan foto seorang wanita yang wajahnya tampak seperti retak,” kenang Choi tentang ilusi makeup pertamanya.

Choi juga mengaku bahwa dia tak pernah menyusun perencanaan yang matang ketika hendak berkarya. Dia malah lebih suka mencari inspirasi spontan yang kemudian diubahnya jadi sebuah karya ilusi optik yang luar biasa.

“Saya tidak benar-benar tahu apa yang saya coba untuk capai saat itu atau apakah itu nantinya akan sukses,” tulis Choi di halaman Instagram-nya.

Comments

Add Comment