Kampung Warna Warni Malang, Transformasi Pemukiman Menjadi Pelangi di Tengah Kota

Wisata kampung warna warni malang

Wisata kampung warna warni malang @raharjoanto

Salah satu yang sempat hits sejak tahun lalu di Malang adalah Kampung Warna-Warni. Kini banyak orang sudah bisa menikmati pemandangan rumah dengan beraneka warna tanpa harus ke Rio de Janeiro, Brazil. Ini merupakan tempat wisata baru di Malang.

Kampung Warna Warni ini lokasinya berada di Jodipan, Malang. Uniknya, dulu di sini merupakan pemukiman warga yang kerap dianggap kumuh dan kotor, lantaran berada di bantaran sungai Brantas. Namun kini Jodipan telah disulap menjadi Kampung Wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Bahkan tiap akhir pekan diperkirakan jumlah pengunjung mencapai ratusan orang.

Pemandangan seperti ini dianggap menarik karena semakin banyak remaja yang ingin eksis dan nampang di Instagram. Pasalnya Kampung Warna-Warni Jodipan Malang ini sangat Instagramable.

Pernak Pernik Payung di Wisata Kampung Warna Warni Malang

Pernak Pernik Payung di Wisata Kampung Warna Warni Malang @kampung_warna_warni

Pengunjung ada yang masuk ke dalam pemukiman dan berkeliling di gang-gang sempit serta berfoto di sana. Ada juga yang berfoto di atas jembatan dengan latar belakang Kampung Warna-Warni Jodipan Malang. Akan tetapi khusus untuk kalian yang berkunjung ke Kampung Warna Warni Jodipan Malang dan ingin berfoto di atas jembatan untuk memperoleh background ‘rumah pelangi’ memang harus berhati-hati. Pasalnya lalu lalang kendaraan di atas jembatan cukup padat. Hampir tidak pernah sepi kawasan jalanan tersebut karena merupakan salah satu akses menuju Pasar Besar Malang.

Menurut informasi, total ada 107 rumah warga yang disulap layaknya pelangi dan dicat dengan 17 warna yang berbeda. Lahirnya Kampung Warna-Warni Jodipan Malang ini dipelopori oleh sejumlah mahasiswa Ilmu Komunikasi Un iversitas Muhammadiyah Malang, yang tergabung dalam kelompok Guyspro. Mereka awalnya ingin mengubah wajah kampung Jodipan yang terkenal kumuh jadi agak mendingan. Namun timbul usulan untuk menggunakan beberapa warna agar terlihat lebih menarik. Akhirnya pengecatannya dilakukan oleh 10 tukang cat, bantuan dari warga setempat, dan juga TNI, POLRI. {roses pengecatan ini butuh waktu lumayan untuk menyelesaikannya. Pengecatan Kampung Warna Warni Jodipan Malan ini pun mendapat bantuan dari salah satu produsen cat di Malang pada Juni 2016.

Harga Tiket Masuk Wisata Murah Kampung Warna Warni Malang

Harga Tiket Masuk Wisata Murah Kampung Warna Warni Malang @kampung_warna_warni

Nah, bagi kalian yang ingin berkunjung ke Kampung Warna-Warni Jodipan Malang siapkan uang untuk tiket masuk. Tiket masuk ke Kampung Warna-Warni Jodipan Malang adalah Rp 2000 saja. Murah bukan?

Masuk kampung saja kok bayar sih? Tentu saja. Namanya juga wisata. Lagi pula, uang Rp 2000 itu juga akan dialokasikan untuk sampah dan juga perawatan lingkungan.

Kabar terbaru muncul yang akan menjadi angin segar bagi warga Malang dan sekitarnya. Pasalnya di Kampung Warna-Warni Jodipan Malang ini akan dibangun sebuah jembatan kaca yang akan menghubungkan Kampung Warna Warni dengan Kampung Tridi.

Lokasi Wisata Kampung Warna Warni Malang

Lokasi Wisata Kampung Warna Warni Malang @kampung_warna_warni

Jembatan kaca yang akan dibangun tersebut nantinya akan dibuat mirip dengan yang ada di Kota Zhangjiajie, China. Diperkirakan, tinggi jembatan sudah dipertimbangkan batas atas luapan air atau banjir, yaitu 4,2 meter. Sehingga nantinya akan sangat aman bagi masyarakat untuk mlintas di atasnya. Pembangunan jembatan tersebut telah melewati kajian panjang dari segi desain, kenyamanan, serta keamanan.

Baca Juga : Tempat Wisata di Malang yang Murah

Wah makin tidak sabar ya ingin melihat bagaimana cantiknya Kampung Warna-Warni Jodipan Malang nantinya setelah ditambahi oleh jembatan kaca. Sayangnya belum ada kelanjutan kabar mengenai kapan jembatan kaca tersebut, meskipun dijadwalkan bakal selesai secepatnya. Kemungkinan di tahun ini.

Comments

Add Comment