Ini Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara

Ikan hias air tawar yang mudah dipelihara - Akuarium Air Tawar Masbams

Ikan hias air tawar yang mudah dipelihara – Akuarium Air Tawar Masbams

Saat berbicara ikan hias seakan tidak ada habisnya, salah satunya mengetahui jenis-jenis ikan hais air tawar yang mudah dipelihara. Ikan hias memiliki banyak sekali jenis. Mulai dari yang murah, sampai yang mahal. Bahkan ada ikan hias air tawar yang dibedakan dari sulit tidaknya dipelihara. Nah, kali ini kita akan membahas tentang Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara. Lantas apa saja sih Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara? Berikut ulasannya.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara

1. Ikan cupang

Ikan hias air tawar yang mudah dipelihara - ikan cupang atau betta fish

Ikan hias air tawar yang mudah dipelihara – ikan cupang atau betta fish

Ikan cupang memiliki nama latin Betta Splendens. Yang membuat ikan cupangini digemari adalah ekor cantiknya yang berwarna-warni dan mirip dengan selendang menawan. Tiap ikan memiliki warna dan corak ekor yang berbeda-beda.

Ikan cupang masuk dalam kategori Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara karena memang benar-benar mudah. Hanya saja, jangan menaruh dua atau lebih ekor ikan cupang dalam satu wadah. Pasalnya, ikan cupang memiliki sifat yang agresif dan protektif. Mereka kerap bertarung dengan sesama. Itulah sebabnya beberap orang menyebutnya ikan petarung.

Selain itu, ikan cupang memiliki keistimewaan yang jarang sekali dimiliki oleh ikan lain, yaitu kemampuan bertahan hidup yang luar biasa. Ikan Cupang mampu bertahan dalam wadah atau lingkungan yang minim oksigen. Hal ini membuatnya mudah untuk dipelihara, bahkan oleh pemula sekali pun.

Itu sebabnya mengapa ikan cupang masuk dalam kategori Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara.

2. Ikan Guppy

Ikan guppy akuarium air tawar

Ikan guppy akuarium air tawar

Ikan Guppy termasuk dalam Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara. Pasalnya, perawatan ikan guppy memang sangatlah mudah dan tidak memerlukan perlakukan khusus. Ikan yang masuk dalam family Poeciliidae dengan nama latin Poecilia Reculata ini memiliki panjang hanya 2 hingga 2,5inci saja. Kecil, tapi gesit dan juga cantik. Jika dipelihara di dalam akuarium, maka ikan ini akan menampilkan pesona ekor warna-warni yang begitu elok.

Yang menjadikan ikan ini menjadi favorit di kalangan penggila ikan hias, adalah kemampuan adaptasinya yang realtif cepat. Ikan yang banyak hidup di Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Venezuela ini hanya membutuhkan 4 sampai 5 minggu saja untuk dapat menghasilkan 30 hingga 100 anakan.

Kemudahan inilah yang menjadikan ikan guppy begitu digandrungi selain menjadi Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara.

3. Ikan Arwana

ikan arwana akuarium air tawar

ikan arwana akuarium air tawar

Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara selanjutnya adalah ikan arwana. Meskipun tergolong peliharaan mahal, namun peminatnya hampir tidak pernah berkurang. Bahkan ada mitos yang mengatakan bahwa barang siapa yang memelihara ikan arwana di rumah, dapat melapangkan rejeki si pemilik.

Terlepas dari mitos tersebut, ikan arwana tetap menjadi idola dan Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara. Jenis ikan arwana yang menjadi favorit adalah red arwana. Dengan warna merah menyala, ikan ini menjadi yang termahal dibandingkan jenis lain.

Perawatan ikan arwana pun juga tergolong mudah. Ikan yang memiliki nama latin Scleropages ini pada dasarnya ditemukan di perairan Amazon dan beberapa daerah lain di Amerika bagian Selatan serta Asia Tenggara dan Australia. Sehingga karena secara insting sudah berada di perairan tawar yang liar, maka perawatan arwana cukup mudah.

4. Ikan Koi

Ikan hias air tawar yang mudah dipelihara - ikan koi jepang

Ikan hias air tawar yang mudah dipelihara – ikan koi jepang

Ikan Koi awalnya lahir dan populer di Jepang pada tahun 1820 silam. Cantiknya ikan koi yang bisa kita lihat saat ini sebenarnya adalah hasil persilangan dari ikan yang yang berwarna merah dan putih, sehingga menghasilkan ikan koi yang penuh pesona.

Ikan dengan nama latin Cyprinus Carpio L ini berbeda cara pemeliharaannya. Meski begitu, KOi tetap menjadi Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara. Karena Ikan Koi lebih cocok jika dipelihara di kolam hias, bukan di akuarium. Mengapa demikian?

Ikan Koi merupakan ikan yang senang sekali bergerak dan memiliki agresivitas yang cukup cantik. Lebih bagus jika dilihat dari atas, ketimbang dari samping saat berada di akuarium. Belakangan ini, warna ikan koi makin beragam, tidak hanya merah dan putih saja, melainkan ada corak hitam, kuning, oranye, dan juga biru muda.

5. Ikan Koki

Ikan hias air tawar yang mudah dipelihara - ikan koki goldfish

Ikan hias air tawar yang mudah dipelihara – ikan koki goldfish

Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara berikutnya adalah ikan koki yang masih berasal dari keluarga ikan mas. Ikan koki ini dipercaya berasal dari negeri China dan berkembang di Jepang.

Ikan yang memiliki nama latin Carrassius Auratus ini berhasil dikembangkan oleh masyarakat Jepang dengan berbagai warna dan bentuk yang menarik. Jenis ikan koki yang paling banyak dicari adalah bubble eye atau mata gelembung. Ikan koki ini sangat unik karena posisi matanya tertutuo oleh gelembung. Belum lagi sirip-sirip panjang nan gemulai, makin menambah pesona cantik dari ikan koki ini.

Ikan koki masuk dalam kategori Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara karena dari segi makanannya pun sangat murah dan tidak ribet. Kotoran tidak terlalu banyak sehingga aman jika Anda orang tidak bisa penuh mengawasi kebersihan akuarium.

6. Ikan Komet

Ikan hias air tawar yang mudah dipelihara - ikan komet goldfish

Ikan hias air tawar yang mudah dipelihara – ikan komet goldfish

Ikan Komet termasuk dalam Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara. Ikan komet memiliki corak dan kombinasi warna yang dan juga anggun. Tak hanya itu, ikan komet juga memiliki bentuk dan gerakan berenang yang menarik untuk dipandang di dalam akuarium bak penari salsa yang lihai dengan ekor yang sedikit menjuntai.

Ikan komet ini memiliki sifat yang sangat jinak dan sangat mudah hidup berdampingan dengan jenis ikan lain di tempat yang sama. Karakternya yang seperti ini membuat para pecinta ikan hias makin menggandrungi ikan komet, selain masuk dalam kategori Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara.

Manfaat Memelihara Ikan Hias Air Tawar

Ikan hias air tawar yang mudah dipelihara - setup instalasi akuarium ikan hias air tawar

Ikan hias air tawar yang mudah dipelihara – setup instalasi akuarium ikan hias air tawar

Dari sekian banyak Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara di atas, ternyata ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh. Antara lain sebagai berikut:

1. Mengurangi stres
Tidak dipungkiri, Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara pun memiliki efek untuk menurunkan kadar stres. Sebuah penelitian membuktikan bahwa ikan hias dalam akuarium ampuh mengurangi tingkat emosi, ketegangan, dan kecemasan seseorang. Selain itu, ikan hias di dalam akuarium juga berdampak pada otak kita, sehingga membuat kita makin santai.

2. Menstabilkan detak jantung
Tidak ada yang menyangka bahwa ternyata Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara di atas dapat menstabilkan detak jantung. Melihat ikan berenang di akuarium akan mengurangi tekanan darah. Sehingga denyut nadi melambat sampai pada tingkatan normal dan juga melemaskan otot-otot. Hal tersebut akan berdampak pada kinerja jantung yang normal pula.

3. Membantu anak autis
Anak autis biasanya memang memiliki tingkat emosi yang tinggi dan tak bisa ditebak. Dengan membiasakan diri melihat Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara dalam akuarium, maka ikan yang cenderung lambat dan gemulai di dalam air dapat menstabilkan emosi mereka.

4. Terapi untuk anak ADHD
ADHD adalah singkatan dari Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Ini merupakan anak yang memiliki masalah dan kesulitan untuk fokus. Di Indonesia sendiri, anak-anak ADHD biasanya disebut anakhiperaktif.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa beberapa jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara di dalam akuarium di atas dapat membantu anak hiperaktif melalui warna-warni corak ikan. Hal tersebut menenangkan saraf-saraf otak, sehingga membantu mereka yang mengalami kesulitan fokus untuk tenang.

5. Mendatangkan inspirasi
Bagi Anda yang memiliki pekerjaan yang membutuhkan banyak inspirasi, maka memelihara ikan di akuarium dalam ruangan rumah Anda akan sangat membantu. Namun pastikan Anda memiliki Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipeliharadalam list di atas.

Setelah hati merasa tenang, maka semangat untuk melakukan hal-hal positif akan timbul. Di sinilah peran ikan dalam akuarium mendatangkan inspirasi.

Petunjuk Memelihara Ikan Hias Air Tawar di Aquarium dan Budgetnya

Ikan hias air tawar yang mudah dipelihara - pasar ikan splendid malang

Ikan hias air tawar yang mudah dipelihara – pasar ikan splendid malang

Yang pertama mesti dipersiapkan tentunya adalah aquarium. Masbams menyarankan menggunakan aquarium yang berbahan akrilik dan tidak ada lipatan di sisi-sisinya. Hal ini untuk menghindari kebocoran air. Sebab, banyak aquarium yang terbuat dari kaca dan sisi-sisinya dilem, lebih cepat korosi dan akhirnya mengalami kebocoran. Mau tidak mau kita harus melakukan pengeleman ulang. Untuk ukurannya, sesuaikan dengan ruangan rumah anda dan selera. Ukuran aquarium juga menentukan berapa banyak ikan yang bisa ditampung. Jika terlalu banyak ikan, maka ruang untuk ikan berenang akan jadi sempit. Selain itu, kotoran yang dihasilkan ikan juga banyak yang akhirnya air di aquarium jadi lebih cepat kotor. Untuk akuarium berukuran 60 cm, bisa diisi ikan2 kecil sejenis guppy, maksimal 20 ekor. Jika ikan besar jenis ikan mas koki, bisa ditampung sebanyak 4 ekor. Untuk harga akuarium akrilik ukuran 60 cm, masbams membeli seharga Rp 350.000 an. Selain akuarium, meja untuk akuarium juga harus ada. Untuk meja berukuran 1 meter, harganya sekitar Rp 170.000 an.

Berikutnya adalah gravel, bebatuan dan pasir. Di sini masbams menggunakan pasir silica dan kemudian batu kali hitam kecil-kecil. Jumlahnya sebanyak 5 kilo untuk pasir silica seharga Rp 70.000 sementara untuk batu kali hitam sebanyak 3 kilo harganya Rp 30.000. Kegunaannya untuk faktor pengekstrak dan juga media tanam, karena masbams menggunakan beberapa tanaman hidup sebagai hiasan. Untuk tanaman hidupnya, harganya berkisar Rp 5000 – Rp 10.000. Kalau untuk pemula, sebaiknya tidak menggunakan tanaman hidup. Karena bakalan jadi ribet untuk pemeliharaanya. Masbams juga menambahkan bebatuan sebagai tempat sembunyi ikan. Perkilo dihargai Rp 10.000, dapat 3 buah seukuran kepalan tangan. Bebatuan ini juga penting, ketika si ikan terlihat stress, biasanya dia membutuhkan tempat sembunyi.

Kemudian, yang lebih penting lagi adalah filter air, gelembung atau water pump, dan water heater. Filter air ini fungsinya untuk menyaring berbagai kotoran dan membuat air di akuarium jadi lebih bersih. Dalam filter air, dibutuhkan juga spons filter. Harga untuk filter air berkisar mulai Rp 50.000 sementara sponsnya mulai Rp 5.000. Untuk spons perlu diganti sekitar 4-5 hari sekali. Pilih filter yang ada penampung airnya yg besar, jangan filter yang dikaitkan dipinggiran akuarium, karena kapasitasnya kecil dan kurang efektif jika dibandingkan dengan filter air yang ada penampung airnya. Sementara water pump atau gelembungnya, harganya sekitar Rp 30.000. Masbams disini untuk waterpump yang ujungnya menggunakan pipa panjang berlubang, karena gelembung bisa lebih merata ke akuarium. Tetapi tidak ada salahnya menggunakan waterpump yang ujungnya berupa batu berpori atau namanya aerostone. Gelembung yang dihasilkan lebih kecil-kecil, dan bagus untuk regulasi udara di dalam akuarium. Kekurangan aerostone hanya penyebarannya yang tidak merata. Sementara water heater juga tidak kalah pentingnya. Pasalnya kegunaannya untuk mengatur suhu air di akuarium. Ikan air tawar membutuhkan suhu air berkisar antara 25-30 derajat. Selain menghindari stres pada ikan, water heater juga bisa sebagai obat alami ketika ikan sakit. Harga water heater ini berkisar Rp 50.000 an, dan biasanya sudah ada pengatur suhu otomatis.

Yang dibutuhkan berikutnya adalah pakan ikan. Jika anda ingin memelihara ikan mas koki, anda bisa menggunakan pakan berupa pelet ikan, harganya bervariasi sekitar Rp 5000 – Rp 10.000 an. Sayangnya pelet ini tidak cocok untuk ikan-ikan kecil semacam guppy, karena terlalu besar dan tidak cukup di mulut si ikan. Untuk ikan-ikan kecil, masbams menggunakan cacing kering, merknya biasanya tubifex. Harganya mulai Rp 10.000. Jika tidak menemukan cacing kering, saat ini ada banyak pelet ikan ukuran mini yang bisa jadi pakan si ikan. Masbams sendiri menggunakan pelet mini dan divariasi dengan cacing kering, agar ikan tidak bosan soal menu makan. Harga untuk pelet mini hampir sama dengan harga pelet yang ukuran besar. Untuk tubifex atau cacing kering, pemberian makan bisa dilakukan dengan menempelkannya di dinding akuarium. Ini memudahkan ikan untuk mengambil pakan, karena cacing keringnya tidak bergerak-gerak ikut gelombang air. Masbams menyarankan untuk tidak menggunakan cacing merah atau blood worm yang hidup, karena masih mengandung bakteri yang bisa bikin ikan sakit.

Selain diatas, anda juga bisa menambahkan lampu agar akuarium terlihat apik dan terang. Gunakan saja lampu led warna putih, tidak perlu yang warna warni. Jika anda menambakan tanaman hidup di akuarium, lampu ini sangat penting untuk tanaman berfotosintesis. Terakhir yang dibutuhkan tentunya ikan. Harga untuk ikan mas koki berkisar Rp 5.000 an. Untuk jenis guppy harganya biasanya Rp 5.000 dapat 4.

Berikut ini masbams rincikan budget untuk memelihara ikan air tawar di akuarium

  1. Akuarium acrylic 60 cm = Rp 350.000
  2. Water heater otomatis = Rp 30.000
  3. Filter air = Rp 70.000
  4. Water pump = Rp 50.000
  5. Lampu Led = Rp 85.000
  6. Pasir = Rp 70.000
  7. Batu kali = Rp 60.000
  8. Hiasan = Rp 10.000
  9. Pakan ikan tubifex = Rp 10.000 (10 gram)
  10. Pakan ikan pelet mini = Rp 7.500
  11. Garam ikan = Rp 5.000
  12. Anti Chlorine = Rp 20.000
  13. Spons filter air = Rp 5.000

Totalnya build akuarium air tawar = Rp 772.500 – beberapa item di atas belum termasuk pembelian ikan dan juga item yang membutuhkan pembelian berkala seperti pakan dan spons filter air.

Nah untuk tempat di mana anda bisa membeli semua ikan dan segala macam peralatannya, bagi yang ada di Malang, bisa beli di pasar ikan splendid. Semua lengkap apa yang anda cari pasti ada dan tentunya, anda bisa menawar harganya agar lebih hemat.

Tips Memelihara Ikan Hias Air Tawar Agar Lama Hidupnya

Ikan hias air tawar yang mudah dipelihara - freshwater aquarium image

Ikan hias air tawar yang mudah dipelihara – freshwater aquarium image

Step-by-step instalasi atau memasang akuarium

  1. Sebelum membeli keperluan diatas, yang penting dilakukan adalah menyiapkan air. Jika menggunakan air PDAM, anda diharuskan menampung air tersebut selama minimal 1×24 jam. Jangan masukkan ikan dengan air PDAM yang baru saja diambil dari kran, karena mengandung kaporit. Jangan membeli ikan dulu.
  2. Setelah menampung air PDAM selama 1 x 24 jam, berikan garam ikan dan juga anti chlorine.  Garam ikan bertujuan untuk menetralisir keasaman air. Sementara Anti Chlorine untuk mematikan bakteri di air. Setelah diberi garam ikan dan anti chlorine, biarkan dulu kurang lebih 2 jam, agar keduanya bisa bercampur dengan air dengan baik.
  3. Sambil menunggu garam ikan dan anti chlorine tadi, anda bisa menunggu sambil mencuci pasir silica, bebatuan dan hiasan akuarium lainnya. Gosok dengan sikat gigi yang tidak terpakai tanpa menggunakan sabun. Kemudian bilas hingga air terlihat jernih. Untuk ini bisa menggunakan air PDAM dari kran langsung.
  4. Setelah itu, anda bisa mulai memasukkan pasir silica terlebih dahulu, kemudian bebatuan dan dilanjutkan dengan hiasan atau mulai memasang tanaman hidup. Bisa anda lanjutkan juga dengan pemasangan water heater, water pump dan filternya.
  5. Setelah semua tertata sesuai selera, hal berikutnya adalah memasukkan air yang sudah ditampung dan diberi campuran garam ikan serta anti chlorine tadi. Agar pasir dan bebatuan tadi tidak berantakan ketika anda memasukkan air, bisa menggunakan piring kecil diletakkan diatas bebatuan, dan tuangkan air melalui piring kecil tadi.
  6. Masih jangan dulu membeli ikan. Setelah selesai memasukkan air, nyalakan water heater, water pump dan filter air. Biarkan hingga 1 x 24 jam menyala tanpa adanya ikan. Tujuannya agar terjadi sirkulasi untuk memulai pembangunan ekosistem secara alami.
  7. 1 x 24 jam berikutnya, setelah anda membeli ikan yang anda sukai, jangan langsung terburu-buru memasukkannya ke akuarium dari kantung plastik ikan yang anda beli. Ambil air dari akuarium sebanyak 1/4 dari air di plastik ikan. Masukkan kedalam plastik ikan anda membeli dari pedagang tadi. Biarkan sekitar 30 menit, agar ikan tidak kaget dengan air yang ada di akuarium anda. Tujuannya agar ikan tidak stres dan kemudian mati ketika dimasukkan ke akuarium.
  8. Setelah menunggu 30 menit, baru masukkan ikan-ikan tadi secara hati-hati, dan selamat menikmati keindahan akuarium anda.

Tips Dalam Memelihara Ikan Hias Air Tawar

  1. Jadwal mengganti air akuarium adalah minimal 1 bulan sekali. Ketika melakukan penggantian, lakukan hanya 1/3 air akuarium saja yang diganti, jangan keseluruhan. Air pengganti diharuskan sudah ditampung kurang lebih 1 x 24 jam dan sudah diberikan garam ikan dan anti chlorine.
  2. Jangan nyalakan lampu selama 24 jam penuh non stop. Ikan juga butuh tidur, jadi nyalakan lampu pukul 6 pagi dan matikan pukul 4 sore.
  3. Pelihara ikan 1 jenis saja dalam 1 akuarium. Hal ini untuk menghindari perkelahian antar ikan.
  4. Segera angkat jika ada ikan yang mati, agar tidak menimbulkan bakteri atau penyakit.
  5. Penyakit yang paling sering muncul pada ikan adalah white spot atau jamur yang terlihat berwarna putih di sirip dan badan ikan. Obatnya bernama obat biru, atau anda bisa menaikkan suhu air di akuarium sekitar 30 derajat dan tambahkan garam ikan secukupnya, agar ikan bisa menyembuhkan diri secara alami.

Comments

Add Comment