Facebook Ads – Meningkatkan Penjualan Dengan Memanfaatkan Facebook

facebook ads untuk meningkatkan omzet bisnis

facebook ads untuk meningkatkan omzet bisnis

Siapa yang belum tahu tentang media sosial yang satu ini? 95% Orang yang mengakses internet, pasti memiliki akun Facebook. Awalnya, orang-orang membuat akun Facebook untuk sekedar bisa kenalan dengan orang lain, cari pacar atau menjalin kembali tali silaturahmi dengan saudara atau kawan lama yang jauh. Lama-kelamaan, beberapa orang tak hanya menggunakan Facebook untuk bersosialisasi saja, tetapi mulai dijadikan bisnis. Akun Facebook mereka digunakan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan berjualan, menjadi branding untuk kebutuhan mereka hingga untuk merekrut downline di bisnis MLM.

Namun, beberapa dari mereka tidak bisa melanjutkan usaha mereka di Facebook karena barang yang mereka jual tidak laku, sepi peminat. Nah, beberapa kesalahan yang mereka lakukan adalah tidak mengerti pasar yang mereka bidik untuk produk yang mereka tawarkan. Mereka menawarkan kepada orang yang salah. Contohnya yakni menjual produk kebutuhan bayi, padahal friend list mereka masih anak-anak SMA atau yang belum berkeluarga. Jadinya, tidak ada yang berminat dengan produknya.

Salah satu tips dalam memulai bisnis di Facebook, bisa dilakukan dengan menggunakan Facebook ads atau beriklan di Facebook. Tentunya ada modal yang perlu dikeluarkan serta anda harus memiliki sebuah fanspage atau halaman khusus untuk bisnis anda. Namun, modal uang disini, andalah yang menentukan besarannya. Semakin besar budget yang anda sediakan, maka semakin besar hasil yang didapat. Akan tetapi menggunakan Facebook ads, kita bisa mendapatkan hasil yang besal dengan budget yang sedikit.

Berikut ini Masbams kasih tips dan kiat-kiatnya menggunakan Facebook ads :

Langkah awal yang perlu anda lakukan adalah membuat Fanspage atau halaman untuk bisnis anda. Bisa langsung menuju ke link berikut : https://www.facebook.com/pages/create/

Berikutnya, silahkan dipercantik fanspage tadi sesudai kebutuhan anda. Tentunya kasih info dan deskripsi yang seusai jangan asal-asalan agar memudahkan calon pelanggan anda nantinya.

Setelah selesai dengan urusan mempercantik fanspage/halaman facebook anda tadi, berikutnya siapkan budget atau dana yang akan anda gunakan. Minimal adalah $1 untuk iklan tayang setiap hari nya. Oh ya, tentunya anda harus juga sudah memiliki rekening bank untuk pembayaran biaya iklannya.

Masalah pengaturan budget untuk running Facebook ads selesai, berikutnya bikin postingan untuk produk mana yang akan anda promosikan di Fanspage yang sudah anda bikin sebelumnya. Kasih info yang jelas mulai deskripsi produk, harga, cara pemesanan dan pembayarannya.

Berikutnya adalah langkah yang terpenting dalam menentukan hasil promosi anda, yakni mengatur target! Buka halaman berikut ini : https://www.facebook.com/ads/manager/creation

Facebook Ads Tutorial - Choose Objective

Facebook Ads Tutorial – Choose Objective

Akan muncul dialog pemilihan tujuan promosi anda. Jika anda ingin mempromosikan postingan produk anda di Fanspage, bisa memilih “boost your post”. Jika ingin mendapat like untuk Fanspage anda, bisa memilih “Promote your page” dan seterusnya. Untuk kali ini kita akan mempromosikan post produk, jadi pilih yang “Boost your post”.

Di sebelah kanan, akan muncul pilihan Fanspage dan postingan produk yang akan anda promosikan. Dalam kasus ini, Masbams ingin mempromosikan produk baju second untuk wanita. Next, bisa klik tombol Set Auidence & Budget.

Facebook Ads Tutorial - Choose Fanspage Post

Facebook Ads Tutorial – Choose Fanspage Post

Kemudian akan muncul dialog box “AD SET: Define your audience, budget and schedule”. Ini adalah pilihan untuk menentukan target promosi anda secara spesifik. Masbams di sini memilih untuk menarget pengguna facebook yang berada di Indonesia. Anda bisa menambahkan lebih dari satu lokasi negara, provinsi atau kota.

Untuk kolom Age atau umur, Masbams set dari usia 20 tahun sampai 40 tahun. Karena produk baju Masbams tadi adalah untuk kisaran usia tersebut. Sementara kolom Gender/jenis kelamin, Masbams set untuk Women (Wanita) karena produk Masbams tadi adalah baju wanita. Untuk Languages, set Indonesian, karena menarget untuk pengguna Facebook yang menggunakan bahasa Indonesia.

Di bagian Detailed Targeting adalah untuk menarget pengguna Facebook dengan kesukaan, memfollow akun tertentu atau juga hobbi mereka. Nah disini pentingnya anda mengetahui kira-kira orang yang menyukai produk baju wanita. Untuk kasus di sini, Masbams memilih target orang-orang yang interest terhadap shirt dan women’s clothing. Kita juga bisa mengetikkan di kolom yang tersedia, jika kurang sesuai.

Facebook Ads Tutorial - Choose Detailed Targeting

Facebook Ads Tutorial – Choose Detailed Targeting

Smeentara di bagian connections, Masbams memilih menarget orang-orang yang belum me-like fanspage milik Masbams.

Untuk Budget, sesuaikan dengan dana yang kita punya. Pilihan daily budget, digunakan jika ingin menggunakan budget kita setiap hari. Misal set Daily Budget $1, maka kita akan menghabiskan setiap hari $1. Jika kita ingin set $1 untuk satu hari saja, maka bisa memilih yang Lifetime Budget. Di sini, Masbams ingin menjalankan iklan dengan budget hanya $1 untuk sehari saja, dan iklan mulai dijalankan mulai tanggal 18 Januari 2016 hingga 19 Januari, maka tampilannya akan seperti berikut :

Facebook Ads Tutorial - Choose Budget

Facebook Ads Tutorial – Choose Budget

Berikutnya adalah pilihan Optimization for Ad Delivery. Pilih Post Engagement jika anda menginginkan iklan anda tayang dengan biaya paling rendah. Pilih Impressions, jika anda menginginkan iklan anda tayang dengan jumlah terbanyak, meskipun untuk orang yang sama dan biaya paling besar. Pilih Daily Unique Reach jika anda menginginkan iklan tayang sekali untuk setiap orang (tidak bolak balik) setiap harinya. Di sini, Masbams memilih yang Post Engagement.

Facebook Ads Tutorial - Choose optimization delivery

Facebook Ads Tutorial – Choose optimization delivery

Bid amount, Masbams pilih yang otomatis, biar Facebook yang mengaturnya secara otomatis. Untuk mendapatkan biaya murah, berikutnya bisa set pilihan When You Get Charget nya Impression (CPM). Untuk Ad Scheduling, jika anda menginginkan iklan tayang hanya di jam-jam tertenu bisa memilih yang Run Ads on a Schedule dan menentukan jamnya. Masbams sendiri memilih Run Ads all the time.

Facebook Ads Tutorial - Choose optimization, charged and shceduling

Facebook Ads Tutorial – Choose optimization, charged and shceduling

Di bagian Delivery Type, Masbams memilih yang standard, artinya iklan tayang secara merata dalam sehari, sementara, untuk acecelrated artinya iklan tayang secepat mungkin. Jadi jika accelerated, kemungkinan iklan akan berhenti tayang, sebelum hari yang dijadwalkan berakhir. Berikutnya, lanjut ke Ad Creative, klik tombolnya.

Dalam dialog box Ad Creative, adalah menentukan dibagian Facebook mana iklan kita akan tayang. Akan, kah di tengah timeline, di bagian kanan atau hanya di timeline ponsel atau hp. Masbams sendiri memilih ketiganya. Next, bisa lanjut untuk mengkonfirm promosi iklan dan place order. Tunggu sampai pihak facebook selesai mereview iklan kita. Biasanya iklan yang terlalu banyak text dan sedikit/tidak ada gambar akan ditolak, karena dianggap spam.

Facebook Ads Tutorial - Place Order

Facebook Ads Tutorial – Place Order

Nah begitulah menggunakan Facebook Ads untuk melancarkan bisnis online. Sebenarnya teknik adalah bagian dasarnya. Untuk tahu lebih detail bagaiman mengoprek Facebook ads untuk mendapat budget murah tapi hasil maksimal bisa menghubungi saya, saya kasih ajar gratis. Kirimkan email anda ke me@bamsrudi.com.

Atau jika anda merasa kesulitan dan ingin tau beres, anda bisa menggunakan jasa saya untuk pasaang iklan di Facebook, dengan harga yang bisa dikondisikan kebutuhan dan budget anda. Bisa menghubungi saya di me@bamsrudi.com

oh ya, berikut ini contoh salah satu client saya yang menggunakan jasa Facebook ads saya. Dengan budget total $5 selama 5 hari ($1/Hari), iklannya sudah menghabiskan budget $2.45 dengan hasil dilihat 13.894 kali dengan hasil engagement (like share comment) sebesar 523 kali.

Sample Jasa Facebook Ads

Sample Jasa Facebook Ads

Klien saya ini, berjualan produk seharga Rp 1,5 juta. Dari hasil 523 kali interaksi yang didapat, misal produknya laku paling jelek 2 buah = Rp 3juta, sudah berapa profitnya? Beliau hanya bermodalkan $5 (belum termasuk ongkos jasa saya).

Comments

Add Comment