Di Taman Ini, Pengunjung Rela Bayar Rp 1,9 Juta Hanya Untuk Sapu Kotoran Beruang

menyapu kotoran beruang

Photo: Imagine China

Pergi ke taman hiburan, seperti ocean park misalnya, bisa jadi cara mengasyikkan untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Selain bisa melihat aneka satwa, ocean park juga bisa memberikan wawasan kepada anak-anak tentang bagaimana kehidupan dan karakteristik satwa.

Karena objek wisata semacam ini banyak ditemukan di mana-mana. Pengelola taman hiburan biasanya akan menambahkan layanan unik yang bikin pengunjung penasaran. Contohnya, berswafoto dengan hewan buas atau satwa imut lainnya.

Menariknya, sebuah ocean park di Wuhan, China, justru menawarkan sesuatu yang tak biasa. Seperti misalnya, membersihkan kandang hewan dan mempersiapkan pakan untuk mereka. Tak tanggung-tanggung, pengunjung yang ingin merasakan pengalaman tersebut harus membayar biaya sekitar 998 yuan atau Rp 1,9 juta.

Nama taman hiburan itu adalah Wuhan Haichang Ocean Park. Gara-gara layanan unik tersebut, ocean park tersebut jadi headline di beberapa media internasional. Meski terdengar aneh, namun banyak orang yang ternyata tertarik dengan layanan tersebut. Namun sayang, layanan ini hanya tersedia sekali seminggu.

menyapu kotoran beruang

Photo: Imagine China

Tak hanya itu, pengunjung juga harus melakukan pemesanan tempat satu minggu sebelumnya.  Setelah pemesanan tempat diterima, pengunjung diberikan waktu tiga jam untuk membersihkan kandang dan menyiapkan pakan bagi para satwa.

“Ini pertama kalinya sebuah taman hiburan memiliki program yang menargetkan orang dewasa,” kata juru bicara Wuhan Haichang Ocean Park, Chen Ting.

“Ini adalah ide yang cemerlang untuk mempopulerkan wawasan dan pengetahuan tentang hewan, untuk kepentingan publik, bukan untuk uang. Kami benar-benar tidak ingin, ada terlalu banyak peserta yang mengganggu mereka [hewan].”

Usut punya usut, layanan unik ini diluncurkan pada 1 April 2017 lalu. Tak heran jika kemudian banyak orang yang awalnya mengira itu hanya April Mop semata. Tapi bisa dipastikan layanan tersebut bukan lelucon. Dan saat ini banyak orang yang antre untuk mengambil kesempatan unik tersebut. Terutama karena itu juga akan memberikan mereka kesempatan untuk melakukan selfie bersama hewan-hewan buas termasuk beruang.

“Layanan ini benar-benar membuat orang membayar demi untuk mencium kotoran, tapi itu cukup lucu. Saya tidak pernah membayangkan bisa melakukan kontak sedekat ini dengan beruang kutub. Selfie saya dengan mereka juga mendapat lebih dari 60 likes di WeChat, dan saya juga telah belajar banyak tentang perawatan beruang kutub. Ini bagus,” kata Li, seorang pria berumur 20-an yang telah ikut ambil bagian dalam layanan tersebut.

Namun, layanan ini tidak sesederhana yang kamu bayangkan. Sebelum memasuki area kandang, pengunjung harus menjalani serangkaian tes medis terlebih dulu. Hal itu dilakukan untuk mencegah penularan penyakit ke hewan. Setelah itu, mereka akan diberi informasi tentang bagaimana berinteraksi dengan hewan. Kemudian mereka juga akan diminta untuk sepatu karet dan membawa alat pembersih. Setelah semua persiapan selesai, barulah pengunjung diperbolehkan untuk masuk ke area kandang.

Kalau kamu sendiri, apakah rela membayar 1,9 juta untuk membersihkan kandang hewan?

Comments

Add Comment