Coban Putri, Destinasi Wisata Air Terjun Baru di Batu

Air Terjun Coban Putri Batu Malang

Air Terjun Coban Putri Batu Malang @habsyiii

Coban Rondo, Coban Talun, Coban Rais, mungkin sudah sering kalian dengar. Namun kali ini ada sebuah tempat wisata baru di Malang yang cukup hits. Lebih tepatnya di kawasan Kota Batu. Namanya adalah Coban Putri. Ini merupakan air terjun yang tergolong baru di Kota Batu karena saat ditemukan, belum tersentuh oleh manusia lantaran tempatnya yang cukup tersembunyi. Tempat wisata alam ini baru dibuka untuk umum awal tahun 2017 ini. Kalian pun jika ingin ke sini harus melewati kawasan antara lembah dan di bawah perbukitan. Pemandangannya tentu saja masih alami dan juga segar. Cocok untuk berlibur bersama keluarga.

Lokasi Wisata Air Terjun  Coban Putri

Coban Putri ini berada di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur. Jika dari Alun-alun Kota Batu masih tergolong dekat, mungkin hanya sekitar 5 km saja. Lokasinya pun tidak jauh dari Coban Rais yang lebih dulu terkenal.

Tempat Lokasi Wisata Air Terjun Coban Putri Batu Malang

Tempat Lokasi Wisata Air Terjun Coban Putri Batu Malang @shintaellyyana

Kalau kalian ingin ke Coban Putri, langsung saja menuju arah COban Rais. Akses jalannya sedikit sulit, dan hanya bisa dilalui dengan kendaraan roda dua. Lebar jalannya hanya dua meter saja, suasana sekitar masih asri, pohon-pohon rindang, pokoknya kalian bakal sangat menikmati perjalanan menuju Coban Putri.

Jika kalian masih kebingungan untuk mencai lokasinya, kalian bisa menggunakan bantuan GPS.

Mitos yang ada di Coban Putri

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Coban Putri merupakan air terjun. Ketinggiannya mencapai 20 meter, tetapi airnya mengalir dengan cukup deras melewati sela-sela bebatuan. Mungkin karena memang belum ada campur tangan dan masih baru ditemukan, kondisi airnya sangat jernih, segar, dan sangat dingin.

Mitos Seputar Wisata Air Terjun Coban Putri Batu Malang

Mitos Seputar Wisata Air Terjun Coban Putri Batu Malang @adrii.jr

Nama Coban Putri dipilih karena diambil dari cerita sejarah yang berkembang di masyarakat setempat. Menurut Suwandi, Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Tlekung, dulunya air terjun tersebut sering disinggahi oleh Putri Ken Dedes, permaisuri Ken Arok Raja Singosari.

Selain dari cerita sejarah, pengunjung pun bisa melihat kecantikan yang dipancarkan oleh air terjun Coban Putri yang anggun ini. Ditambah dengan suara burung dan serangga liar yang membuat nuansa di Coban Putri semakin segar alami.

Apa Saja Fasilitas di Coban Putri

Coban Putri ini belakangan makin hits di kalangan pecinta wisata lantaran sudah ada wahana yang asyik, yaitu spot foto yang menarik. Kini di Coban Putri sudah dibangun gardu kayu dan ayunan. Gardu dengan model tangan raksasa yang menengadah. Pengunjung bisa berpose di atasnya telapaknya seakan ingin digenggam oleh Sang Raksasa.

Fasilitas di Wisata Air Terjun Coban Putri Batu Malang

Fasilitas di Wisata Air Terjun Coban Putri Batu Malang @mbakprita

Sekilas, ini mirip dengan tangan raksasa yang ada di Hutan Pinus Pengger Jogja. Namun untuk pemandangannya di Coban Putri lebih menarik karena memiliki background pegunungan dan bukit-bukit lebat di depannya.

Objek wisata ini yang biasanya hanya dikunjungi tidak lebih dari 50 orang saat liburan, kini melonjak drastis, yakni lebih dari 300 wisatawan dalam satu hari. Lonjakan kunjungan itu karena adanya tambahan spot selfie seperti wisata alam lainnya di dalam kawasan hutan.

Harga Tiket Masuk Coban Putri

Untuk urusan tiket masuk, kalian tidak perlu khawatir karena sangat murah. Untuk bisa merasakan keindahan dari Coban Putri, pengunjung hanya diwajibkan membayar Rp 8.000 per orang. Murah, bukan?

Harga Tiket Masuk Air Terjun Coban Putri Batu Malang

Harga Tiket Masuk Air Terjun Coban Putri Batu Malang @novita_zahiroh

Ke depannya, Suwandi mengungkapkan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan dinas pariwisata Kota Batu untuk terus melakukan pembenahan di lokasi Coban Putri ini untuk meningkatkan pengunjung. Hal yang menjadi perhatian saat ini adalah akses jalan. Karena hanya berupa jalan setapak dengan tanah liat. Hanya bisa ditempuh dengan motor atau fasilitas ojek dengan ongkos Rp 20.000 pulang pergi.

Comments

Add Comment