Bikin Gaduh, Restoran Ini Larang Pelanggannya Bawa Balita

restoran melarang balita

Photo: Caruso’s

Sebuah restoran di Amerika Serikat jadi viral lantaran melarang pelanggannya membawa anak di bawah usia lima tahun. Banyak netizen yang menilai larangan itu sangat kontroversial. Namun, pemilik resto justru mengaku bisnisnya meroket tajam setelah dia memberlakukan kebijakan tersebut.
Caruso’s adalah sebuah restoran Italia kelas atas di Mooresville, North Carolina, Amerika Serikat. Sang pemilik menggambarkan restorannya dengan tiga kata; tradisional, berkelas, dan privat. Namun, ketika pelanggan mulai membawa balita ke restoran tersebut, citra Caruso’s menjadi sedikit bergeser.
restoran melarang balita

Photo: video screengrab

Pasquale Caruso menemukan bahwa restorannya menjadi sangat gaduh. Ada anak-anak yang menangis, berteriak atau bermain iPads dengan volume suara yang keras. Hal itu akhirnya membuat Pasquale Caruso, pemilik resto, menerima beberapa keluhan dari pelanggan setianya.

Tak ingin pelanggan setianya kabur, Pasquale akhirnya melarang pelanggan membawa anak balita ke restorannya. Dan kebijakan itu mulai diberlakukannya sejak Januari 2017, untuk memastikan bahwa citra restoran kelas atasnya tidak rusak.

“Saya punya beberapa pelanggan yang mengeluh, bangkit dan meninggalkan restoran, karena anak-anak mengganggu mereka, dan sayangnya orang tua mereka tidak melakukan apa-apa,” kata Caruso kepada Mooresville Gazette. “Saya sendiri mulai merasa jika ini bukan Caruso’s lagi.

restoran melarang balita

Photo: video screengrab

Caruso mengakui bahwa dia tidak suka mengambil keputusan semacam itu. Akan tetapi pada akhirnya, dia tetap harus melakukan yang terbaik untuk bisnisnya. “Saya mencoba untuk menyenangkan semua orang, dan menciptakan suasana yang menyenangkan, menjaga restoran tetap elegan. Saya ingin menjadi tempat di mana pasangan dan teman-teman dapat memiliki malam yang terbaik,” akunya.

“Saya mulai kehilangan uang dan pelanggan karena saya punya pelanggan yang membawa balita. Mereka melemparkan makanan, berlarian dan berteriak.”

Berbicara kepada Washington Post, Yoshi Nunez selaku manajer restoran, mengatakan bahwa kasus terakhir melibatkan seorang gadis kecil yang menggunakan iPad dengan suara sangat keras. Meskipun para staf sudah berulang kali meminta orang tuanya untuk mengecilkan gadget putri mereka. Pelanggan tersebut tetap enggan untuk melakukannya. Alhasil, Yoshi terpaksa meminta pelanggan tersebut keluar dari restoran.

restoran melarang balita

Photo: Caruso’s

Mereka marah, tapi mereka tampaknya tidak peduli tentang apa yang dipikirkan tamu lain. Kami mencoba bersikap baik saat menghadapi situasi tersebut, tapi kami di sini untuk mengurus pelanggan dan kami tidak bisa mengajari para orang tua bagaimana mengontrol anak-anak mereka,” tukas Yoshi.

Karena masa depan bisnisnya mulai terganggu, Caruso akhirnya mengambil keputusan untuk melarang anak di bawah usia lima tahun datang ke restorannya. Sejak itu, banyak netizen yang berkomentar di halaman Facebook resmi restoran Caruso. Sebagian menyebut jika kebijakan itu sebagai bentuk diskriminasi.

Meski sejumlah orang tampak mengkritisi keputusannya, Caruso mengklaim bahwa dia mendapat banyak dukungan untuk kebijakan kontroversial tersebut. Hal itu tercermin dari kesuksesan bisnisnya saat ini. Jumlah tamu yang datang meningkat secara signifikan.

Tentu saja Itu Caruso’s bukanlah restoran pertama yang mengadopsi kebijakan tersebut. Restoran di Texas, Pennsylvania, California dan negara-negara seperti Italia, Australia atau Korea juga telah menerapkan kebijakan semacam itu.

Comments

Add Comment