Berbagai Cara Menghitung Usia Kehamilan Secara Akurat

Cara Menghitung Usia Kehamilan Ibu Hamil

Cara Menghitung Usia Kehamilan Ibu Hamil

Ada banyak pertanyaaan tentang bagaimana Cara Menghitung Usia Kehamilan Secara Akurat. Di internet pun pertanyaan ini sudah banyak dicari. Informasi ini dirasa penting karena menyangkut usia kandungan yang pas, sehingga berhubungan langsung dengan kesehatan si jabang bayi. Pasalnya, seorang ibu harusnya tahu makanan apa atau minuman apa yang harus dikonsumsi saat hamil berdasarkan usia kehamilan. Untuk itu, tanpa bantuan dokter pun sebenarnya seorang ibu bisa tahu Cara Menghitung Usia Kehamilan Secara Akurat.

Sebelumnya Anda harus tahu dulu apa itu usia kehamilan. Usia Kehamilan adalah panjang waktu kehamilan yang dihitung setelah hari pertama periode menstruasi terakhir (HPHT) dan biasanya dinyatakan dalam minggu dan hari. Usia kehamilan disebut juga sebagai usia gestasi (gestational age). Usia Gestasi adalah usia janin yang sesungguhnya yang mengacu pada panjang waktu kehamilan yang dihitung dari waktu pembuahan.

Sebenarnya ada beberapa metode atau Cara Menghitung Usia Kehamilan Secara Akurat. Di antaranya dengan berdasarkan HPHT, berdasarkan TFU, berdasarkan USG, dan yang terakhir perhitungan yang harus dilakukan apabila seorang ibu mengalami haid secara tidak teratur. Nah, mari kita bahas satu per satu.

Cara menghitung umur kehamilan berdasarkan HPHT

Berdasarkan singkatan, HPHT adalah kependekan dari Hari Pertama Haid Terakhir. Seperti apakah itu? Bisa dikatakan ini adalah metode perhitungan yang paling klasik dan sudah sangat umum digunakan. Akan tetapi jika Anda ingin menggunakan metode ini, syaratnya adalah Anda harus tahu terlebih dahulu tentang siklus haid Anda.

Hal ini dikarenakan hitungan kalender akan menggunakan HPHT atau hari pertama haid terakhir dalam rumus penghitungannya. Setelah itu tanggal HPHT akan dihitung dengan rumus yang dikenal dengan nama Naegele.

Bagaimana cara menghitung usia kehamilan secara manual dengan Naegele? HPHT ditambah 7, kemudian bulan haid – 3, serta pada tahun ditambah angka 1. Rumusnya mungkin sangat sederhana, akan tetapi rumus Naegele ini biasanya lebih sering digunakan pada wanita yang memiliki siklus haid yang teratur, yaitu setiap 28 hari atau 30 hari.

Contohnya HPHT Anda adalah 16 November 2008, maka 16 ditambah 7 sama dengan 23. Kemudian 11 (karena bulan November) di kurangi 3 sama dengan 8 ( yang berarti Agustus). Dan 08 di tambah 1 sama dengan 09. Maka HPL alias Hari perkiraan lahir Anda adalah 23 Agustus 2009.

Mudah, bukan? Sedangkan untuk usia kehamilan tinggal menghitungnya setiap tanggal 23, jadi pada saat tgl 23 desember , berarti usia kehamilan anda menginjak satu bulan, 23 januari usia kehamilan 2 bulan, dan seterusnya. Jangan lupa ditambah tenggang waktuplus atau minus 7 hari. Biasanya seperti itu.

Cara menghitung umur kehamilan berdasarkan TFU

Cara menghitung umur kehamilan berikutnya adalah berdasarkan TFU. Apa itu TFU? Bagi yang belum tahu, TFU adalah Tinggi Fundus Uteri atau tinggi rahim. Hal ini juga dapat digunakan sebagai Cara menghitung umur kehamilan. Akan tetapi sebaiknya harus dilakukan oleh tenaga profesional, bisa dokter atau bidan agar hasil lebih akurat.

Caranya adalah pemeriksaan akan dilakukan dengan cara perabaan (palpasi) untuk mencari fundus uteri guna dibandingakn dengan patokan standar. Patokan standarnya adalah:
12 minggu –> 1/3 di atas simpisis;
16 minggu –> simpisis-pusat;
20 minggu –> 2/3 di atas simpisis;
24 minggu –> Setinggi pusat;
28 minggu –> 1/3 di atas pusat;
34 minggu –> pusat-prosessus xifoideus;
36 minggu –> Setinggi prosessus xifoideus;
40 minggu –> 2 jari di bawah prosessus xifoideus.

Simpisis adalah tulang kemaluan, sedangkan prosessus xifoideus adalah bagian bawah tulang dada.

Cara Menghitung Usia Kehamilan USG

Cara Menghitung Usia Kehamilan USG

Cara menghitung usia kehamilan berdasarkan USG

Nah, Cara menghitung umur kehamilan yang satu ini paling banyak digunakan. Karena dirasa paling modern dan mudah. Pertama kali, Cara menghitung umur kehamilan berdasarkan USG ini digunakan di awal tahun 1970an. Kemudian hal tersebut menyebabkan peningkatan yang nyata dalam evaluasi anatomi janin dan plasenta. Bahkan juga dapat melihat pertumbuhan janin.

Kini Cara menghitung umur kehamilan menggunakan USG menjadi yang paling akurat. Hampir di semua dokter atau klinik menggunakan Cara menghitung umur kehamilan dengan USG.

Manfaat lain dari ultrasonografi obstetrik meliputi deteksi kehamilan kembar dan kelainan janin, serta identifikasi plasenta previa. Untuk menghitung usia kehamilan dengan USG menggunakan 3 cara yaitu:
a. mengukur diameter kantong kehamilan (GS = gestational sac) pada ibu hamil muda kira-kira 6-12 minggu kehamilan.
b. mengukur jarak kepala-bokong janin (GRI = grown rump length) pada usia kehamilan 7-14 minggu dibandingkan dengan standar acuan.
c. mengukur diameter kepala janin atau Diameter biparietal (BPD = Biparietal Diameter) pada usia kehamilan diatas 12 minggu.

Cara menghitung umur kehamilan jika haid tidak teratur

Cara menghitung umur kehamilan yang satu ini cukup rumit. Pasalnya dalam hal menstruasi, setiap wanita pasti berbeda skilusnya. Biasanya, wanita normal akan memiliki siklus menstruasi yang berkisar sekitar 21 sampai 35 hari. Normalnya berlangsung selama 3 sampai 7 hari.

Nah, karena tidak teraturnya siklus tersebut, tentu akan berdampak pada susahnya Cara menghitung usia kehamilan. Apalagi jika dialami oleh ibu-ibu yang baru pertama kali hamil.

Nah, perhitungannya bisa langsung dengan menggunakan USG. Karena itu yang paling akurat. Namun tetap saja ada melesetnya dengan Cara menghitung umur kehamilan ini. Karena haid yang tidak teratur tadi.

Baca Juga : Kalender Kehamilan Cina Yang Akurat Menentukan Jenis Kelamin Bayi

Penyebab Haid Tidak Teratur dan Pencegahannya

Anda sendiri harusnya tahu apa saja faktor yang menyebabkan haid Anda tidak teratur. Biasanya haid yang tidak teratur itu disebabkan oleh penyakit TBC, aktivitas merokok, faktor berat badan, konsumsi obat-obatan terlarang (narkoba), tingkat stres yang cenderung tinggi, dan juga kencing manis.

Jika sudah begitu, bagaimana cara mengatasinya? Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman di bawah ini.

Cuka Apel
Cuka apel secukupnya dicampur dengan air hangat. Minum sekali saja tiap hari secara rutin.

Jeruk Nipis
Minum jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat. Minum sekali setiap hari secara rutin, seperti cuka apel di atas.

Jus Labu
Cuci bersih labu secukupnya, lalu potong kecil-kecil. Kemudian masukkan ke dalam mesin jus. Usahakan Anda mengonsumsi ramuan ini secara teratur untuk hasil yang maksimal.

Buah-buahan
Selain mengonsumsi beberapa racikan minuman di atas, Anda juga sangat dianjurkan mengonsumsi beberapa jenis buah-buahan untuk melancarkan siklus haid. Misalnya buah anggur dan pepaya.

Setelah itu Cara menghitung umur kehamilan akan lebih mudah dan akurat. Cara menghitung umur kehamilan adalah sesuatu yang bisa dibilang susah, tapi juga gampang. Apabila semua sesuai prosedur, kemungkinan besar Cara menghitung umur kehamilan dengan metode apapun tidak akan meleset. Sekalipun meleset, itu tidak akan jauh dari perkiraan.

Semoga bermanfaat!

Comments

Add Comment