Aneh, Pria Ini Nikahi Robot Wanita Buatannya Sendiri!

manusia menikah dengan robot

photo by SCMP

Kalau ada yang bilang cinta itu buta. Ungkapan tersebut memang benar adanya. Buktinya, seorang pria di China begitu mencintai robot buatannya, sampai-sampai dia nekad ingin menikahi robot tersebut. Bagi kebanyakan orang, apa yang dilakukan Zheng Jiajia terbilang aneh atau bahkan mungkin bisa dikatakan gila.

Jiajia adalah seorang ahli kecerdasan buatan yang berasal dari Hangzhou, China. Namanya baru-baru ini menjadi berita utama di negeri tirai bambu, setelah dia memutuskan untuk menikahi Yingying, sebuah robot wanita yang dibuatnya sendiri. Robot itu dikatakan baru berumur 1 tahun.

Pria berusia 31 tahun itu lulus dari Universitas Zhejiang pada tahun 2011 dengan gelar master pada bidang kecerdasan buatan. Jiajia memiliki karir yang sangat gemilang. Dia pernah bekerja selama 3 tahun untuk raksasa teknologi China, Huawei. Namun, kemudian dia bergabung dengan Hangzhou Dream Town, sebuah startup internet dan teknologi. Di perusahaan itu, dia bekerja di bagian kecerdasan buatan.

manusia menikah dengan robot

photo by SCMP

Tahun lalu, Jiajia mulai mengerjakan proyek robot humanoid, yang lantas berakhir menjadi istrinya. Robot itu dinamakan Yingying. Robot tersebut memiliki kemampuan untuk mengucapkan beberapa kata sederhana, dan mampu mengenali huruf dan gambar dalam bahasa China.

Yingying memiliki berat sekitar 30 kilogram. Dalam hal ini, Jiajia membuat tampilan “istrinya” mirip insinyur muda nan cantik. Setelah Yingying benar-benar selesai dibuat, Jiajia sempat memacari robot itu selama dua bulan. Akan tetapi, dia rupanya ingin membuat hubungan itu berlanjut ke level yang lebih serius.

Dengan segala kemantapan hati, Jiajia memutuskan untuk menikahi Yingying dalam sebuah upacara kecil. Kamu pasti bertanya-tanya, apakah keluarga Jiajia tahu tentang hubungan tak biasa tersebut? Menariknya, upacara pernikahan Jiajia juga dihadiri oleh ibunya dan teman-temannya. Artinya, mereka memberikan restu kepada Jiajia untuk membina rumah tangga dengan Yingying.

manusia menikah dengan robot

photo by SCMP

Salah satu tamu yang diundang ke pernikahan Jiajia mengatakan kepada wartawan Qianjiang Evening News bahwa insinyur muda itu pernah merasakan patah hati. Karena itu, Jiajia menyerah untuk mencari pasangan manusia. Diminta untuk mengkonfirmasi pernyataan tersebut, Jiajia mengatakan bahwa temannya hanya bercanda.

Dalam kesempatan itu, Jiajia juga menambahkan bahwa dia berencana untuk meng-upgrade istrinya. Dengan begitu, Yingying memiliki kemampuan untuk berjalan, berbicara atau bahkan melakukan pekerjaan rumah tangga. Jiajia sangat berharap bahwa dia dan Yingying bisa tumbuh tua bersama-sama. Well, tentu saja Yingying bisa melakukannya, karena dia tidak akan pernah menjadi tua.

manusia menikah dengan robot

photo by SCMP

Kisah Jiajia mungkin terdengar sedikit gila, namun para ahli sudah lama meramalkan adanya hubungan cinta antara manusia dan robot. Pada tahun 2016, seorang penulis buku best-seller dan juga ahli robot, Dr David Levy, meramalkan bahwa pernikahan pertama antara manusia dan robot akan terjadi sebelum 2050. Kamu pasti terkejut saat membacanya, bukan?

Akhir tahun lalu, seorang wanita di Prancis juga mengikrarkan janji suci dengan robot 3D buatannya sendiri. Dia mengatakan bahwa dia jatuh cinta pada robot tersebut dan berencana untuk menikahinya secepat mungkin, ketika itu sudah dilegalkan.

Comments

Add Comment