10 Tempat Wisata Alam Di Semarang Ini Punya Pemandangan Eksotis Dengan Budget Murah

tempat wisata alam di semarang lokasi brown canyon semarang

tempat wisata alam di semarang lokasi brown canyon semarang

Kota Semarang, yang sejak dulu terkenal sebagai salah satu jalur perdangangan laut di Indonesia, memiliki wisata alam yang tak kalah eksotik dengan wilayah lain di Indonesia. Jika anda berkunjung ke Semarang, dan ingin menikmati liburan yang me-relaksasi, 10 TempatĀ Wisata Alam di Semarang berikut ini layak anda kunjungi. Masbams ulas tempat-tempat wisata alam Semarang yang patut anda kunjungi dan tentunya dengan harga yang sangat terjangkau, serta cocok untuk rombongan keluarga.

Air Terjun Curug Lawe

tempat wisata alam di semarang air terjun curug lawe ungaran temanggung

tempat wisata alam di semarang air terjun curug lawe ungaran temanggung

Air Terjun Curug Lawe merupakan salah satu tempat wisata alam di Semarang yang paling populer. Lokasinya berada di kaki gunung Ungaran. Jika ditempuh menggunakan kendaraan, memakan waktu sekitar 1 jam dari pusat Kota Semarang. Dari pintu masuk, kita diharuskan menempuh jalan kaki kurang lebih 1.5km. Tetapi jangan khawatir, meski berada di kawasan hutan, jalan menuju ke Air Terjun Curug Lawe sudah bagus dan dibeton. Meski demikian jangan sampai salah kostum. Paling penting, gunakan alas kaki yang cocok untuk pendakian. Selama perjalanan anda akan disuguhi suasana yang sangat sejuk. Anda juga tidak perlu khawatir jika lapar, karena di sepanjang jalan menuju Air Terjun Curug Lawe ada 3 stand makanan dengan menu lokal. Sesampai di Curug Lawe, pemandangan air terjun sangat bagus sekali. Banyak tempat yang cocok untuk berfoto ria.

Air Terjun Tujuh Bidadari

tempat wisata alam di semarang air terjun curug tujuh bidadari

tempat wisata alam di semarang air terjun curug tujuh bidadari

Masih disekitaran Gunung Unggaran, anda bisa menemukan Air Terjun Curug Tujuh Bidadari. Memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit dari Kota Semarang menggunakan kendaraan, Curug Tujuh Bidadari menawarkan pemandangan alam yang luar biasa. Jalanan dekat lokasi agak sempit dan dihimpit kawasan hutan. Jalannya hanya cukup untuk 1 mobil, jika ada kendaraan berpapasan, harus ekstra hati-hati. Harga tiket masuknya sangat murah, hanya Rp 5.000 per orang. Sementara untuk parkir harganya Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Di area masuk berjejer banyak stand cindera mata dan tempat makan. Dari pintu masuk sampai lokasi Air Terjun Tujuh Bidadari jaraknya sekitar 300 meter. Dinamakan Air Terjun Tujuh Bidadari karena ada 7 aliran air terjun di sini. Menurut mitos dari warga setempat, dulunya tempat ini pernah dijadikan tempat pemandian para bidadari. Cocok sekali membawa serta rombongan keluarga. Masbams merekomendasikan untuk berangkat pagi hari, sehingga udara masih fresh dan suasana hutan yang sangat asri.

Air Terjun Klenting Kuning

tempat wisata alam di semarang air terjun curug klenting kuning

tempat wisata alam di semarang air terjun curug klenting kuning

Air Terjun Klenting Kuning atau masyarakat sekitar menyebut Grojogan Kleting Kuning ini lokasinya berada di Desa Kemawi, Kabupaten Sumowono Kota Semarang. Jika dari pusat kota Semarang, memakan waktu perjalanan sekitar 1 jam 30 Menit. Lokasinya lebih jauh dari Air Terjun Tujuh Bidadari dan Curug Lawe. Harga tiketnya hampir sama dengan di Air Terjun Tujuh Bidadari. Begitu pula dengan akses jalan untuk kendaraan yang hanya bisa dilewati 1 mobil, karena sangat sempit. Dari pintu masuk, perjalanan kebanyakan menuruni anak tangga yang sudah dibeton. Jaraknya sekitar 300 meter dari pintu masuk. Jangan khawatir, anak tangganya tidak terlalu curam, tapi tetap musti hati-hati. Air Terjun Klenting Kuning ini memiliki 2 aliran air terjun atau grojogan. Grojogan yang di bagian bawah bernama Klenting Biru. Ketinggian air terjunnya tidak terlalu tinggi, sekitar 4-10 meter. Meski demikian, tidak mengurangi suasana dan indahnya pemandangan di sana.

Pantai maron

tempat wisata alam di semarang pantai maron sunset

tempat wisata alam di semarang pantai maron sunset

Lokasinya dekat dengan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dan juga wisata Edukasi Mangrove. Sementara jarak dari Pusat Kota Semarang sekitar 10 km dan memakan waktu 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan. Sebenarnya pemandangan di Pantai Maron ini bisa bagus, namun sayang pengelolaan yang buruk membuat Wisata Pantai Maron terkesan tidak terawat, terutama banyaknya sampah. Ada banyak stand-stand makanan disana yang bisa anda kunjungi sembari melihat pemandangan pantai yang eksotik sambil menyantap makanan. Apalagi ketika matahari terbenam, pemandangan sunsetnya sungguh fantastis. Selain pemandangan alamnya, anda bisa menyaksikan pesawat yang take off dan landing dari Bandara Ahmad Yani. Hampir mirip di pantai Kuta Bali lah. Oh ya jika mengunjungi tempat ini, sebagai alternatif, anda bisa juga mengunjungi wisata Mangrovenya. Lokasinya tidak jauh koq.

Pantai Marina

tempat wisata alam di semarang lokasi pantai marina di semarang

tempat wisata alam di semarang lokasi pantai marina di semarang

Tidak seperti pantai Maron, Pantai Marina ini tidak memiliki pasir yang indah di pesisinya. Karena oleh pemerintah setempat diganti dengan bebatuan dan paving block. Meski demikian, tidak mengurangi keindahan menyaksikan sunset. Jaraknya sekitar 8 Km dari pusat Kota Semarang dan bisa ditempuh sekitar 20 menit menggunakan kendaraan. Lokasinya berada di kawasan perumahan, pengunjung di Pantai Marina didominasi oleh remaja. Tidak banyak yang bisa dinikmati di Pantai Marina sebagai tempat wisata alam di Semarang, karena pantai Marina lebih banyak untuk aktivitas bisnis.

Waduk Jatibarang

tempat wisata alam di semarang waduk bendungan jatibarang

tempat wisata alam di semarang waduk bendungan jatibarang

Tempat wisata alam diĀ Semarang yang satu ini lokasinya berada di Jl Talun Kacang, Kandri yang berjarak kurang lebih 13 Km dan dapat ditempuh sekitar 30 menit menggunakan kendaraan. Dahulu, daerah sekitar Waduk Jatibarang merupakan areal persawahan dan perkebunan berbagai macam sayuran. Namun, banjir melanda Kota Semarang dan waduk ini pun dibangun. Pembangunannya waktu itu dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dan Jepang. Berupa hamparan danau buatan, anda bisa melakukan berbagai aktivitas olah raga air di sini. Ada wahana speedboat yang tarifnya dipatok Rp 100rb per kapal yang berisi maksimal 4 orang. Selain itu, di Waduk Jatibarang terdapat banyak monyet yang berkeliaran. Oleh karena itu, berhati-hati dengan barang bawaan anda, karena kadang diambil oleh mereka. Untuk pemandangannya sangat bagus, dengan harga tiket masuk yang murah, cuman Rp 3.000 per orang.

Danau Rawa Pening

tempat wisata alam di semarang gambar legenda rawa pening

tempat wisata alam di semarang gambar legenda rawa pening

Lokasinya berada di perbatasan antara Semarang-Salatiga, dan lebih dekat dengan Salatiga. Sementara jarak dari pusat Kota Semarang sekitar 40Km, dan memakan waktu 1 jam perjalanan dengan kendaraan. Tempat wisata alam di Semarang ini areanya begitu luas, dengan dikelilingi pemandangan dari Gunung Ungaran dan Gunung Merbabu. Danau Rawa Pening menyuguhkan wisata alam berupa hamparan air danau yang bisa dinikmati menggunakan perahu. Tarif sewa perahu sekitar Rp 100.000 untuk maksimal kapasitas 10 orang. Selain itu, ada beberapa aktivitas outdoor lainnya yang bisa anda dapatkan, seperti arena flyingfox, mengendarai kuda dan banyak aktivitas permainan lainnya. Di Rawa Pening juga tersedia Restoran Apung, ya, mengapung di danau. Menunya berupa ikan goreng dan bakar dengan harga yang terjangkau, dibawah Rp 50.000. Tempatnya sangat cocok untuk liburan bareng keluarga. Asal hindari waktu liburan, karena dijamin akan padat.

Brown Canyon

tempat wisata alam di Semarang alamat brown canyon semarang

tempat wisata alam di Semarang alamat brown canyon semarang

Mungkin ini ya tempat wisata alam di Semarang yang spektakuler dan lagi digandrungi pengunjung. Berlokasi di daerah Rowosari, Tembalang kota Semarang, sebenaranya adalah lokasi penambangan pasir dan batu yang menjadi mata pencaharian warga sekitar. Brown canyon menyuguhkan pemandangan tebing yang menjulang dengan sangat indah, mirip dengan Grand Canyon yang ada di Amerika sana. Karena aktifitas penambangan masih dilakukan di tempat ini, banyak debu yang berterbangan yang bisa mengganggu keasyikan berwisata di Brown Canyon. Dan perlu hati-hati juga, karena truk pengangkut material banyak berlalu-lalang. Siapkan masker dan kacamata juga jika datang saat jam kerja yang padat aktivitas penambangan. Jarak dari pusat kota Semarang hingga ke lokasi sekitar 13 Km dan memakan waktu perjalanan sekitar 40 menit.

Goa Kreo

tempat wisata alam di semarang lokasi goa kreo ungaran semarang

tempat wisata alam di semarang lokasi goa kreo ungaran semarang

Goa Kreo lokasinya masih satu area dengan Waduk Jatibarang. Jadi jika ke Jatibarang anda juga bisa sekalian mengunjungi tempat wisata alam di Semarang satu ini. Apa saja yang disajikan Goa Kreo? Ada pemandangan alam yang sangat bagus, dan juga sekelompok Monyet yang berkeliaran di lokasi. Sayangnya fasilitas, terutama tempat sampah kurang memadai, alhasil pengunjung pun membuang sampah seenaknya. Di dalam Goa Kreo terdapat patung Hanuman (Anoman) yang merupakan tokoh legenda spiritual yang mempunyai perawakan seekor monyet. Di dalam Goa, suasana malah terasa panas dan sumpek, karena atap goa yang terlalu rendah. Di sekitar lokasi Goa Kreo juga terdapat klenteng Sam Poo Kong yang bisa anda kunjungi juga. Harga tiket masuknya hanya Rp 2.500 per orang.

Taman Djamoe

tempat wisata alam di semarang taman djamoe indonesia

tempat wisata alam di semarang taman djamoe indonesia

Berada di tempat ini, suasana relaxing sangat kental terasa. Ada banyak tanaman yang digunakan untuk obat herbal yang bisa anda lihat di sini. Selain suasana yang nyaman, anda juga bisa mendapatkan wawasan tentang tanaman herbal. Beberapa tanaman disini juga dijual, dengan harga yang murah, seperti jenis lavender, jahe, hingga rosemary. Jika capek karena berkeliling di Taman Djamoe, ada fasilitas spa yang bisa anda dapatkan. Untuk saat ini, masih belum terlalu crowded pengunjungnya dan lebih sering sepi nya. Jadi anda bisa leluasa untuk berwisata ke Taman Djamoe. Lokasi wisata alam ini berada di Jl Raya Semarang Bawen KM 28. Sekitar perjalanan 1 jam dari pusat kota Semarang.

Persiapan dan jarak Tempat Wisata Alam di Semarang

Rata-rata, perjalanan ke beberapa tempat wisata alam di Semarang di atas, memakan waktu 30 menit hingga 1 jam. Persiapan perlengkapan dan kondisi fisik tentunya harus benar-benar anda perhatikan. Karena berwisata di alam terkendala oleh medan yang cukup susah untuk dilalui.

Comments

Add Comment